Hubungan Tingkat Kecukupan Karbohidrat Dan Tingkat Stres Dengan Siklus Menstruasi Siswi Pesantren Kelas VIII MTs Negeri 1 Tegal

Authors

  • Siti Hindun Fajarwati anggota
  • Farohatus Sholichah
  • Dina Sugiyanti

DOI:

https://doi.org/10.46772/jigk.v4i02.1050

Keywords:

Karbohidrat, kecukupan, menstruasi, siklus, stres, tingkat

Abstract

Siklus menstruasi merupakan pola yang menggambarkan jangka antara hari pertama menstruasi hingga datangnya menstruasi berikutnya. Faktor yang mempengaruhi menstruasi diantaranya yaitu: pola makan, stres, aktivitas fisik, singkronisasi proses menstruasl, gangguan perdarahan, gangguan endokrin. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan siklus menstruasi dengan tingkat kecukupan karbohidrat dan hubungan siklus menstruasi dengan tingkat stres. Metode dalam penelitian ini kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 59 orang. Instrumen yang digunakan adalah food recall 24 jam, DASS, dan kuesioner siklus menstruasi. Uji statistik yang digunakan untuk mengolah data adalah uji gamma. Hasil uji statistik pada hubungan siklus menstruasi dengan tingkat kecukupan karbohidrat memperoleh nilai p=0,559 r=0.154 dan uji statistik pada hubungan siklus menstruasi dengan tingkat stres memperoleh nilai  p=832 r=0.045. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan antara tingkat kecukupan karbohidrat dengan siklus menstruasi dan tidak terdapat hubungan antara tingkat stres dengan siklus menstruasi.

References

Sri Bulan Musmiah, Nuryani Y. Rustaman & Saefudin (2019). Selamat Datang Masa Remaja. Yogakarta: CV. Budi Utama

Anindita, P., Darwin, E. & Afriwardi. (2016). Hubungan Aktivitas Fisik Harian dengan Gangguan Menstruasi pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas

Marmi (2013). Gizi dalam Kesehatan Reproduksi. Yoyakarta: Gramedia

Istianatul Mukarromah (2021). Hubungan Pola Makan, Tingkat Stres dan Aktivitas Fisik dengan Indeks Masa Tubuh (IMT) Santri Putri Tahfidzul Qur’an Al-Hikmah Tugurejo. Semarang : Skripsi Uin Walisongo

Murti Ani, sulistyani p.a, ika novita sari, dkk . Manajemen Kesehatan Menstruasi.pt global eksekutif teknologi. Sumatera Barat.

Rima Wirenviona (2021). Kesehatan reproduksi dan tumbuh kembang janin sampai lansia pada perempuan. Surabaya : Airlangga University Press.

Irfana. (2022). Pengantar gizi kesehatan reproduksi. Sumatra barat : PT. insan cendikia mandiri group.

Evita Aurelia Nardina, dkk (2021). Gizi Reproduksi. Medan : Yayasan kita menulis

Noviyanti, Dita; Dardjito, Endo. Hubungan Antara Status Gizi Dan Tingkat Asupan Zat Gizi Dengan Siklus Menstruasi Pada Remaja Putri Di Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Jurnal Gizi Dan Pangan Soedirman, [S.L.], V. 2, N. 1, P. 10-19, May 2018. Issn 2599-2465.

Dieny, Fillah Fithra, Ayu Rahadiyanti, dan Dewi Marfu'ah K. (2019). Gizi. Prakonsepsi. Jakarta: Bumi medika. Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo.

Priyanto. 2014. Visual Basic .NET. Edisi Revisi. Bandung: Informatika

Manggul dan Syamsudin (2016) "Hubungan Stres dengan Gangguan Siklus Menstruasi pada Siswi kelas xii SMA Karya Ruteng." Jurnal Wawasan Kesehatan, Volume 1, Nomor 2, Desember 2016 Tersedia pada: http://stikessantupaulus.e-journal.id.

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

Fajarwati, S. H., Sholichah, F., & Sugiyanti, D. (2023). Hubungan Tingkat Kecukupan Karbohidrat Dan Tingkat Stres Dengan Siklus Menstruasi Siswi Pesantren Kelas VIII MTs Negeri 1 Tegal. Jurnal Ilmiah Gizi Kesehatan (JIGK), 4(02), 26–31. https://doi.org/10.46772/jigk.v4i02.1050

Issue

Section

Articles