PERENCANAAN PENINGKATAN JALAN RIGID PAVEMENT PADA RUAS JALAN DUSUN LONGKRANG DESA BANJARHARJO

PERENCANAAN PENINGKATAN JALAN RIGID PAVEMENT PADA RUAS JALAN DUSUN LONGKRANG DESA BANJARHARJO

Authors

  • Suci Azhari Universitas Muhadi Setiabudi
  • Wahidin Wahidin Universitas Muhadi Setiabudi
  • Wahudin Diantoro Universitas Muhadi Setiabudi

Keywords:

: perencanaan jalan, analisa tebal perkerasan jalan, perkerasan kaku

Abstract

Kabupaten Brebes terdapat kerusakan jalan, terutama pada Jalan Dusun Longkrang, yang volume lalu lintasnya cukup padat, selain itu terdapat juga aktivitas sekolah, pasar, dan rumah sakit. Bagaimana melakukan desain perencanaan perkerasan kaku (rigid pavement) untuk peningkatan jalan pada ruas Jalan Dusun Longkrang tahun 2020 untuk umur rencana 20 tahun mendatang, dengan membahas mengenai penentuan jenis perkerasan kaku yang akan digunakan; menghitung tebal perkerasan pada konstruksi yang diperlukan untuk umur rencana 20 tahun; menghitung tulangan yang akan digunakan pada perkerasan kaku. Jika jalan rusak, itu dapat menyebabkan kecelakaan selain menghambat kegiatan sosial dan ekonomi. perencanaan perkerasan kaku menggunakan jenis perkerasan beton bersambung dengan tulangan. Beton yang digunakan untuk struktur atas adalah K-350 dengan ketebalan 19cm, disesuaikan dengan perhitungan perencanaan tebal perkerasan. Pondasi bawah beton mutu K-175 dengan ketebalan 10cm,urugan pasir bawah pondasi menggunakan agregat kelas A dengan ketebalan rata-rata 5cm menyesuaikan dengan kondisi eksisting jalan. Tulangan yang di digunakan masing-masing yaitu tulangan memanjang : D-13mm dengan jarak 200mm, tulangan melintang : D-25mm dengan Panjang 450 mm dan jarak 300mm, Tie bar : D-16mm dengan Panjang 600mm dan jarak antar batang 750mm, serta bahu jalan menggunakan urugan pilihan masing-masing 1m di sisi jalan

Downloads

Published

2021-03-28

Issue

Section

Articles