PERENCANAAN PERKERASAN KAKU (RIGID PAVEMENT) UNTUK PENINGKATAN RUAS JALAN BREBES – JATIBARANG KABUPATEN BREBES

Authors

  • Abdul Hamid Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes
  • Hamid Wildan Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes

DOI:

https://doi.org/10.46772/ibj.v1i01.296

Keywords:

Jalan, Brebes – Jatibarang, Perkerasan Kaku, Penulangan

Abstract

Ruas Jalan Brebes - Jatibarang yang merupakan ruas jalan dengan volume lalu lintas yang cukup padat. Kerusakan-kerusakan yang terjadi tentu akan berpengaruh pada keamanan dan kenyamanan pengguna jalan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan cara peningkatan jalan dengan perkerasan kaku. Pedoman yang digunakan dalam perencanaan ini adalah berdasarkan Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen Pd T-14-2003 Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah. Data yang dibutuhkan untuk menghitung perkerasan jalan beton antara lain data CBR tanah dasar dan data lalu lintas harian rata-rata (LHR). Dari hasil perhitungan diperoleh hasil perencanaan perkerasan kaku menggunakan jenis perkerasan beton semen bersambung dengan tulang (BBDT). Tebal perkerasan 21 cm menggunakan mutu beton K-300. Tulangan memanjang Ø8 mm jarak 200 mm. Tulangan melintang Ø8 mm jarak 200 mm. Dowel (ruji) menggunakan besi Ø32 mm, panjang 450 mm, jarak 300 mm. Batang pengikat menggunakan besi Ø16 mm, panjang 762 mm, jarak antar bentang 1000 mm.

Author Biographies

Abdul Hamid, Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes

 

 

 

Hamid Wildan, Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes

 

 

Downloads

Published

2020-09-23

Issue

Section

Articles