Analisis Tingkat Pembelian Konsumen dengan Algoritma Apriori

Main Article Content

Ismasari Ismasari
Maulida Ramadhan
Wahyu Hadikristanto

Abstract

Saat ini data mining telah diimplementasikan ke berbagai bidang salah satu diantaranya adalah pada bidang bisnis atau perdagangan yang dapat membantu para pebisnis dalam kebijakan pengambilan keputusan terhadap apa yang berhubungan dengan persediaan barang. Misalnya pentingnya sistem persediaan barang di suatu Toko dan jenis barang apa yang menjadi prioritas utama yang harus di stok untuk mengantisipasi kekosongan barang. Karena minimnya stok barang dapat berpengaruh pada pelayanan konsumen dan pendapatan Toko. Metode yang sering digunakan untuk menganalisa pola pembelian pelanggan adalah metode asosiasi atau association rule mining. Association rule mining adalah suatu metode untuk mencari pola hubungan antar satu atau lebih itemset yang ada dalam suatu dataset. Algoritma yang paling popular dalam mencari pola hubungan item set adalah algoritma apriori atau sering disebut dengan market basket analysis. Proses yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan tools Rapid Miner untuk mengolah data dengan algoritma apriori, dari pengujian yang dilakukan dengan parameter yang telah ditentukan yaitu minimum support 70% dan minimum confidence 80% menghasilkan 4 aturan asosiasi dengan nilai confidance 100% yaitu kombinasi item aqua 600ml-fulloblasto caramel cruncy chocolat - yupi 500 semua rasa - beng beng 25g. Dengan pencarian pola menggunakan algoritma apriori ini diharapkan informasi yang dihasilkan dapat meningkatakan strategi penjualan selanjutnya


 


 

Article Details

How to Cite
Ismasari, I., Ramadhan, M. ., & Hadikristanto, W. . (2020). Analisis Tingkat Pembelian Konsumen dengan Algoritma Apriori. Jurnal Ilmiah Intech : Information Technology Journal of UMUS, 2(02). https://doi.org/10.46772/intech.v2i02.292
Section
Articles
Author Biographies

Ismasari Ismasari, Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Pelita Bangsa

 

 

Maulida Ramadhan, Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Pelita Bangsa

 

 

Wahyu Hadikristanto, Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Pelita Bangsa

 

 

References

J. Han, M. Kamber, and J. Pei, Data Mining: Concepts and Techniques. 2012.

Y. A. M, W. Choiriah, and A. Akmal, “Penerapan Data Mining Menggunakan Metode Assiciation Rule dengan Algoritma Apriori untuk Analisa Pola Penjualan Barang,” Jurteksi (Jurnal Teknol. dan Sist. Informasi), vol. V, no. 2, pp. 193–198, 2019, doi: https://doi.org/10.33330/jurteksi.v5i2.362.

A. Setiawan and F. P. Putri, “Implementasi Algoritma Apriori untuk Rekomendasi Kombinasi Produk Penjualan,” Ultim. (Jurnal Tek. Inform., vol. XII, no. 1, pp. 66–71, 2020, doi: https://doi.org/10.31937/ti.v12i1.1644.

A. R. Riszky and M. Sadikin, “Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori untuk Rekomendasi Produk bagi Pelanggan,” J. Teknol. dan Sist. Komput., vol. 7, no. 3, pp. 103–108, 2019, doi: 10.14710/jtsiskom.7.3.2019.103-108.

G. T. Napitupul, A. Oktaviani, D. Sarkawi, and I. Yulianti, “Penerapan Data Mining Terhadap Penjualan Pipa Pada Cv. Gaskindo Sentosa Menggunakan Metode Algoritma Apriori,” J. Ris. Inform., vol. 1, no. 4, pp. 167–172, 2019, doi: 10.34288/jri.v1i4.96.

J. L. Putra, M. Raharjo, T. A. A. Sandi, Ri. Ridwan, and R. Prasetyo, “Implementasi Algoritma Apriori Terhadap Data Penjualan,” J. Pilar Nusa Mandiri, vol. 15, no. 1, pp. 85–90, 2019, doi: https://doi.org/10.33480/pilar.v15i1.113.

O. Pahlevi, A. Sugandi, and I. D. Sintawati, “Penerapan Algoritma Apriori Dalam Pengendalian Kualitas Produk,” Sinkron, vol. 3, no. 1, pp. 272–278, 2018.

A. M. A. Rahim, G. A. Suni, S. Sasi, G. C. Pangestu, M. Fainsenem, and M. A. A, “Implementasi Algoritma Apriori untuk Mengetahui Pola Pembelian di Starcomp Jogja,” J. Ilm. Intech Informatioan Technol. J. UMUS, vol. 2, no. 01, pp. 61–70, 2020, doi: https://doi.org/10.46772/intech.v2i01.187.

D. Sepri and M. Afdal, “Analisa Dan Perbandingan Metode Algoritma Apriori Dan Fp-Growth Untuk Mencari Pola Daerah Strategis Pengenalan Kampus Studi Kasus Di Stkip Adzkia Padang,” J. Sist. Inf. Kaputama, vol. 1, no. 1, 2017.

A. G. Putri and R. M. H. Bhakti, “Penggunaan Certainty Factor Dalam Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Jerawat,” J. Ilm. Intech Informatioan Technol. J. UMUS, vol. 1, no. 02, pp. 86–96, 2020, doi: https://doi.org/10.46772/intech.v1i02.72.

A. Premana, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI INVENTORY BARANG (SINBAR) BERBASIS WEBSITE,” J. Ilm. Intech Informatioan Technol. J. UMUS, vol. 1, no. 02, pp. 51–61, 2019, doi: https://doi.org/10.46772/intech.v1i02.73.

M. Fauzy, K. R. Saleh W, and I. Asror, “Penerapan Metode Association Rule Menggunakan Algoritma Apriori Pada Simulasi Prediksi Hujan Wilayah Kota Bandung,” J. Ilm. Teknol. Inf. Terap., vol. II, no. 2, pp. 221–227, 2016, doi: https://doi.org/10.33197/jitter.vol2.iss3.2016.111.

Kusrini and T. Emha, “Definisi Data Mining,” Data Min., 2015.

E. T. L. Kusrini, Data Mining Data mining. 2005.

M. Afdal and M. Rosadi, “Penerapan Association Rule Mining Untuk Analisis Penempatan Tata Letak Buku Di Perpustakaan Menggunakan Algoritma Apriori,” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 5, no. 1, p. 99, 2019, doi: 10.24014/rmsi.v5i1.7379.

A. Setiawan and R. Mulyanti, “Market Basket Analysis dengan Algoritma Apriori pada Ecommerce Toko Busana Muslim Trendy,” JUITA J. Inform., vol. 8, pp. 11–18, 2020, doi: 10.30595/juita.v8i1.4550.