Pengaruh Harga, Biaya Produksi dan Biaya Promosi Terhadap Omzet Penjualan Tahu
DOI:
https://doi.org/10.46772/jacfin.v1i02.374Keywords:
Harga, Biaya Produksi, Biaya Promosi, Omzet PenjualanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga, biaya produksi, dan biaya promosi terhadap omzet penjualan pada Industri tempe Banjarharjo pak Iskandar. Penelitian ini menggunakan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah pembukuan berkaitan dengan harga tahu, biaya produksi, biaya promosi, dan omzet penjualan Industri tahu Banjarharjo Pak Iskandar. Sampel dalam penelitian ini adalah bagian dari jumlah populasi Industri tahu Banjarharjo pak Iskandar pada periode 2019 sampai 2020. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda. Analisis data menggunakan program SPSS 20.0. Hasil penelitian ini menunjukan: 1) Harga berpengaruh secara negatif dan tidak signifikan terhadap omzet penjualan. 2) Biaya produksi berpengaruh secara negatif dan tidak signifikan terhadap omzet penjualan. 3) Biaya promosi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap omzet penjualan. 4) Harga, biaya produksi, dan biaya promosi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap omzet penjualan.