Analisis Pemasaran Ikan Asin Di Desa Krakahan Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes (Studi Kasus Pada UD. Dasti)

Authors

  • Dwi Ariyanti Barkah Universitas Muhadi Setiabudi
  • Syariefful Ikhwan Universitas Muhadi Setiabudi

DOI:

https://doi.org/10.46772/jecma.v5i1.936

Keywords:

saluran pemasaran, margin pemasaran, farmer's share, efisiensi pemasaran

Abstract

Penelitian yang dilaksanakan di Desa Krakahan, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Brebes tepatnya di usaha pengasinan ikan yang bertempat pada UD. Dasti. Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran produk ikan asin yang diproduksi oleh UD. Dasti. Selain itu untuk mengetahui margin pemasaran, farmer’s share serta efisiensi pemasaran pada setiap saluran pemasaran yang terbentuk dalam UD. Dasti. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara observasi langsung ke lapangan dan wawancara pada produsen UD. Dasti. Data yang diperoleh berupa data primer dan data sekunder. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan teknik pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa terdapat tiga pola saluran pemasaran yang terbentuk dalam UD. Dasti yaitu: pola saluran pemasaran I terjadi dari produsen UD. Dasti ke pedagang besar kemudian ke pedagang pengecer lalu ke konsumen. Pola saluran pemasaran II dari produsen UD. Dasti ke pedagang pengecer lalu konsumen, dan pada pola saluran pemasaran III terjadi dari produsen UD. Dasti langsung ke konsumen. Pola saluran pemasaran I memperoleh total margin pemasaran dari tiga jenis ikan yang diasinkan sebesar Rp 21.000,00/kg, farmer’ share dari tiga jenis ikan yang diasinkan sebesar 73,6% dan esisiensi pemasarannya sebesar 10,10%. Pola saluran pemasaran II memperoleh total margin pemasaran dari tiga jenis ikan yang diasinkan sebesar Rp 13.000,00/kg, farmer’ share dari tiga jenis ikan yang diasinkan sebesar 81,1% dan esisiensi pemasarannya sebesar 4,53%. Dan pola saluran III farmer’ memperoleh farmer’s share dari tiga jenis ikan yang diasinkan sebesar 100% dan esisiensi pemasarannya sebesar 1,07%.

Kata Kunci : Saluran Pemasaran, Margin Pemasaran, Farmer’s Share dan Efisiensi Pemasaran

Downloads

Published

2023-02-27

How to Cite

Barkah, D. A., & Ikhwan, S. (2023). Analisis Pemasaran Ikan Asin Di Desa Krakahan Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes (Studi Kasus Pada UD. Dasti). Journal of Economic and Management (JECMA), 5(1), 14–28. https://doi.org/10.46772/jecma.v5i1.936

Issue

Section

Articles