Identifikasi Zat Pewarna Makanan Rhodamin B Pada Jajanan Mie Lidi Di Sekolah Kecamatan Ajibarang Kabupeten Banyumas 2020

Authors

  • Eko Hidayaturrohman Khumaeni Program Studi D3 ANAFARMA, STIKes Ibnu Sina Ajibarang
  • Kristian Ubanayo Program Studi D3 ANAFARMA, STIKes Ibnu Sina Ajibarang
  • Yulia Maulidatul Karomah Program Studi D3 ANAFARMA, STIKes Ibnu Sina Ajibarang

DOI:

https://doi.org/10.46772/jophus.v2i01.278

Keywords:

Mie Lidi, Rhodamin B, Spektro UV-VIS

Abstract

Mie lidi merupakan salah satu makanan ringan yang dijual dengan warna menarik, harganya murah sehingga digemari oleh anak-anak. Pewarna sintetis yang sering digunakan adalah rhodamin B. Tujuan penelitian: untuk mengetahui cara memisahkan zat rhodamin B dalam mie lidi, metode analisis yang tepat untuk menguji zat rhodamin B dalam mie lidi dan kadar rhodamin B yang terkandung dalam sampel mie lidi. Sampel mie lidi diambil di tiga sekolah kecamatan Ajibarang. Metode penelitian deskriptif dengan melakukan observasi. Variabel Penelitian variabel bebas, variabel terikat, variabel terkendali. Hasil uji KLT sampel A merah gelap Rf 0,85 ; sampel B kuning keruh Rf 0,69; sampel C merah terang Rf 0,77; standar Rhodamin merah muda Rf 0,78. Artinya sampel C positif karena nilai Rf sampel = Rf standar Rhodamin B. Hasil uji SPEKTRO UV-VIS absorbansi Ekstrak sampel diperoleh 0,175 pada panjang gelombang 555 nm. Berdasarkan nilai absorbansi yang diperoleh dapat diketahui bahwa konsentrasi sampel sebesar -0,1840 ppm. kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa terdapat Rhodamin B dalam sampel yang kuantitasnya  sangat kecil hingga hasil dari perhitungan kadar menunjukkan nilai minus (-). Hal ini dikarenakan ekstrak sampel yang diperoleh memiliki kepekatan yang sangat rendah sehingga nilai absorbansinya (y) lebih kecil dari nilai konstanta (a).

 

Author Biographies

Eko Hidayaturrohman Khumaeni, Program Studi D3 ANAFARMA, STIKes Ibnu Sina Ajibarang

 

 

Kristian Ubanayo, Program Studi D3 ANAFARMA, STIKes Ibnu Sina Ajibarang

 

 

Yulia Maulidatul Karomah, Program Studi D3 ANAFARMA, STIKes Ibnu Sina Ajibarang

 

 

References

Cahyadi, “W. Analisis dan Asoek Kesehatan Bahan Pangan”. 2009. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Adnan, M., “Teknik Kromatografi untuk Analisis Bahan Makanan”, Edisi Pertama, 9, 14, 15, Penerbit Andi, 1997. Yogyakarta.

Anonim, “Farmakope Indonesia Edisi V”. Departemen Kesehatan Republik Indonesia, 2014. Jakarta.

Christian, Gary D., “Analytical Chemistry, edisi ke-5”. John Wiley & Sons Inc.. 1994. New York.

Djalil, A. D., Hartanti, D., Rahayu, W. S., Prihatin, R., dan Hidayah, N., “Identifikasi Zat Warna Kuning Metanil (Metanil Yellow) dengan Metode Kromatografi Lapis Tipis (KLT) pada Berbagai Komposisi Larutan Pengembang”, Jurnal Farmasi Indonesia, 03 (2), 28-29, Fakultas Farmasi UMP, 2005. Purwokerto.

Hidayat, R. “Laporan Pengantar tugas akhir perancangan buku pewarna alami dan buatan pada makanan”. Skripsi. Universitasi Komputer Indonesia. 2014. Bandung.

Mulja, M., Suharman, “Analisis Instrumen, Cetakan 1, 26-32, Airlangga University Press, 1995, Surabaya.

Putra FT., “Analisis kadar plumbum (Pb) pada minyak goreng yang digunakan pedagang gorengan di sekitar jalan perintis kemerdekaan kota padang tahun 2015”. Skripsi. Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. 2015. Padang.

Rahayu., Muji. Wahyuningsih., Aisya. “Identifikasi Zat Pewarna Rhodamin B Dan Methanil Yellow Dalam Geplak Yang Beredar Di Beberapa Toko Oleh Oleh Di Yogyakarta Tahun 2016”. Jurnal Teknologi Laboratorium 05 (01). Yogyakarta : Poltekkes Kemenkes, 2016. Yogyakarta.

Sastrohamidjojo, H., “Kromatografi”, Edisi Kedua, 28, 34, Penerbit Liberty, 1991. Yogyakarta.

Siswoyo dan Asnawati. “Analisis Spektrometri”. Jember : Laboratorium Kimia Analitik Jurusan Kimia Universitas. 2007. Jember.

Stahl, E., “Analisis Obat Secara kromatografi dan Mikroskopi, diterjemahkan oleh Kosasih Padmawinata dan Iwang Soediro”, 3-17, ITB, 1985. Bandung.

Sumarlin, La Ode., “Identifikasi Pewarna Sintetis pada Produk Pangan yang Beredar di Jakarta dan Ciputat”. 2010. Jurnal Valensi, 1 (6) 55-62.

Underwood, A. L. dan Day, R. A., “Analisis Kimia Kuantitatif”. 1999. Jakarta : Erlangga.

Downloads

Published

2021-06-09

How to Cite

Khumaeni, E. H., Ubanayo, K., & Karomah, Y. M. . (2021). Identifikasi Zat Pewarna Makanan Rhodamin B Pada Jajanan Mie Lidi Di Sekolah Kecamatan Ajibarang Kabupeten Banyumas 2020. Jurnal Ilmiah JOPHUS : Journal Of Pharmacy UMUS, 2(01). https://doi.org/10.46772/jophus.v2i01.278

Issue

Section

Articles