Pendekatan Kontekstual Di Sekolah Alam Lukulo Kebumen

Authors

  • Johar Alimuddin Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP Majenang, Cilacap
  • Eli Istingayatun Yatmi Sekolah Alam Lukulo, Kebumen

DOI:

https://doi.org/10.46772/kontekstual.v1i02.156

Keywords:

Kontekstual, Sekolah Alam, Lukulo, Kebumen

Abstract

Sekolah alam Lukulo Kebumen menerapkan pendekatan kontekstual dalam pelaksanaan pembelajarannya. Outing dan live in merupakan kegiatan yang menerapkan pendekatan kontekstual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang mengkaji kegiatan outing dan live in yang dilaksanakan di sekolah alam Lukulo. Tujuh indikator pendekatan kontekstual yang digunakan yaitu konstruktivisme, inkuiri, bertanya, komunitas belajar, pemodelan, refleksi. Penilaian autentik terpenuhi dalam kegiatan outing dan live in. Dengan pendekatan kontekstual anak memiliki banyak pengalaman sehingga mereka mendapatkan banyak pelajaran. Hal ini berdampak  pada pembelajaran yang optimal dan pencapaian tujuan pembelajaran yang optimal pula.

Downloads

Published

2020-02-27

How to Cite

Alimuddin, J., & Istingayatun Yatmi, E. (2020). Pendekatan Kontekstual Di Sekolah Alam Lukulo Kebumen. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 1(02), 7–11. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v1i02.156

Issue

Section

Articles