Pendekatan Kontekstual Di Sekolah Alam Lukulo Kebumen
DOI:
https://doi.org/10.46772/kontekstual.v1i02.156Keywords:
Kontekstual, Sekolah Alam, Lukulo, KebumenAbstract
Sekolah alam Lukulo Kebumen menerapkan pendekatan kontekstual dalam pelaksanaan pembelajarannya. Outing dan live in merupakan kegiatan yang menerapkan pendekatan kontekstual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang mengkaji kegiatan outing dan live in yang dilaksanakan di sekolah alam Lukulo. Tujuh indikator pendekatan kontekstual yang digunakan yaitu konstruktivisme, inkuiri, bertanya, komunitas belajar, pemodelan, refleksi. Penilaian autentik terpenuhi dalam kegiatan outing dan live in. Dengan pendekatan kontekstual anak memiliki banyak pengalaman sehingga mereka mendapatkan banyak pelajaran. Hal ini berdampak pada pembelajaran yang optimal dan pencapaian tujuan pembelajaran yang optimal pula.