Pengembangan Media Monopoli Aksara Jawa Untuk Pembelajaran Membaca Aksara Jawa Di Sekolah Dasar

Authors

  • Bangkit Joko Widodo Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Doktor Nugroho
  • Binti ‘Arifatul Hanifah Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Doktor Nugroho

DOI:

https://doi.org/10.46772/kontekstual.v1i02.158

Keywords:

Media pembelajaran, monopoli, aksara jawa.

Abstract

Media pembelajaran sangat dibutuhkan dalam menunjang kegiatan pembelajaran di Sekolah Dasar. Media pembelajaran adalah alat atau sarana untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran yang berfungsi untuk memperjelas makna pesan yang disampaikan, sehingga dapat mencapai tujuan dari pembelajaran dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pengembangan Media Monopoli Aksara Jawa Sekolah Dasar.Penelitian media pembelajaran monopoli aksara Jawa untuk pembelajaran membaca siswa ini merupakan jenis penelitian Research and Defelopment (R&D). Penelitian pengembangan ini menggunakan prosedur pengembangan Borg and Gall. Pengembangan media pembelajaran monopoli aksara Jawa untuk pembelajaran membaca aksara Jawa siswa kelas III SD layak mendukung pembelajaran karena telah teruji kevalidan dan kefektifannya. Uji kevalidan dilakukan oleh tiga ahli. Uji keefektifan dilakukan dengan uji T-test dan angket respon siswa. Dari hasil kedua uji tersebut media monopoli aksara Jawa lebih efektif dibanding dengan tabel aksara Jawab yang sudah ada. Hasil dari perhitungan soal pretest dan posttest dengan rata-rata dari 9 siswa kelas III SDN Cermo 01 diatas KKM yaitu 85% dan hasil angket respon siswa sebesar 88%. Dengan demikian media pembelajaran monopoli aksara Jawa dapat meningkatkan kemampuan membaca aksara Jawa siswa

Downloads

Published

2020-02-27

How to Cite

Joko Widodo, B., & ‘Arifatul Hanifah, B. (2020). Pengembangan Media Monopoli Aksara Jawa Untuk Pembelajaran Membaca Aksara Jawa Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 1(02), 19–28. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v1i02.158

Issue

Section

Articles