Pengaruh Motivasi Belajar dan Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.46772/kontekstual.v1i02.159Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan percaya diri siswa terhadap hasil belajar matematika pada aspek kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Analisis data yang digunakan yaitu regresi berganda, uji t dan uji F simultan untuk pengujian hipotesis. Semua penghitungan tersebut diolah dengan menggunakan program SPSS versi 17.Berdasarkan hasil uji t motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika diperoleh hasil thitung= 5,801, yang berartibahwa thitung> ttabel yaitu 5,801> 2,034. Sedangkan, hasil uji t percaya diri siswa terhadap hasil belajar matematika diperoleh hasil thitung =3,678, yang berarti thitung > ttabel yaitu 3,678>2,034. Hasil uji F simultan diperoleh Fhitung = 16,561 yang berarti nilai Fhitung> Ftabel yaitu 16,561 > 3,28, yang berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Uji regresi menunjukkan bahwa nilai koefisien determinasi sebesar 0,501 yang berarti bahwa besar pengaruh motivasi belajar dan percaya diri siswa terhadap hasil belajar matematika siswa sebesar 50,1%. Jadi, simpulan dari penelitian ini yaitu motivasi belajar dan percaya diri siswa berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di SD Negeri Tanjung 01