Kegiatan Wisata Sampah Untuk Penanaman Karakter Cinta Lingkungan Pada Siswa Kelas IV SD

Authors

  • Sasi Mardikarini Prodi Pendidkan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Doktor Nugroho Magetan
  • Fahrudin Hamdani Prodi Pendidkan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Doktor Nugroho Magetan
  • Cahyaning Tyas Prodi Pendidkan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Doktor Nugroho Magetan

DOI:

https://doi.org/10.46772/kontekstual.v1i02.163

Keywords:

karakter, cinta lingkungan, wisata sampah

Abstract

Wisata sampah merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mendaur ulang sampah yang ada di sekitar kita. Melalui kegiatan ini sampah –sampah dapat berguna kembali dan dimanfaatkan untuk kegiatan sehari – hari. Kegiatan ini juga dapat menanamkan berbagai karakter baik pada diri anak agar lebih mencintai lingkungannya. Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi penanaman karakter cinta lingkungan melalui kegiatan “wisata sampah”, mendeskripsikan kendala yang muncul dalam melaksanakan kegiatan “Wisata Sampah”, serta mendeskripsikan karakter apa saja yang muncul dalam pelaksanaan kegiatan “wisata sampah”. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan data collection, data reduction, data display, dan conclucion. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Sumber data yang diambil adalah siswa kelas IV yang berjumlah 22 siswa. Tehnik keabsahan data menggunakan 1) Credibility , 2) Transferability, 3) Dependability, 4) Confirmability. Hasil dari penelitian ini, kegiatan dilakukan dengan lancar dan teratur

Downloads

Published

2020-02-27

How to Cite

Mardikarini, S. ., Hamdani, F. ., & Tyas, C. . (2020). Kegiatan Wisata Sampah Untuk Penanaman Karakter Cinta Lingkungan Pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 1(02), 58–62. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v1i02.163

Issue

Section

Articles