Efektifitas Edmodo Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Universitas Nusa Cendana

Authors

  • Fembriani Fembriani Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana
  • Taty R Koroh Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana
  • Pasmiyati Pasmiyati Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana
  • Ribka Polin Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana

DOI:

https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i01.243

Keywords:

efektivitas, edmodo, hasil belajar

Abstract

Keterbatasan pertemuan dosen dan mahasiswa menjadi masalah penting di era ini. Dosen tidak dapat bertemu dengan mahasiswa, hal ini terjadi karena perkembangan virus COVID-19 yang menjadi ancaman. Akan tetapi kegiatan perkuliahan harus tetap dilaksanakan. Pembelajaran menggunakan edmodo menjadi salah satu jalan keluarnya. Matakuliah belajar pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi edmodo. Matakuliah ini merupakan matakuliah dasar yang harus dikuasai mahasiswa PGSD. Sebagai calon guru mahasiswa harus menguasai teori-teori belajar yang ada dalam  matakuliah belajar pembelajaran. embelajaran dengan edmodo mendapatkan hasil penelitian yang efektif. Hasil tersebut didapatkan dari analisis data yang telah dilakukan oleh peneliti. Analisis data dimulai dari uji validitas dan reliabilitas, dan mendapatkan hasil bahwa semua soal yang digunakan untuk penelitian dinyatakan valid dan reliabel. Hasil penelitian yang efektif dianalisis menggunakan uji T dan uji N-Gain. Uji T mendapatkan hasil 0,000<0,005 hal ini berarti Ha diterima yaitu ada perbedaan nilai pretest dan posttest setelah mendapatkan pembelajaran dengan edmodo. Uji N-Gain mendapatkan hasil rata-rata 0,491 berada pada kategori sedang. Dapat disimpulkan pembelajaran dengan edmodo dapat meningkatkan hasil pembelajaran dengan kategori sedang.

Author Biographies

Fembriani Fembriani, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana

 

 

Taty R Koroh, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana

 

 

Pasmiyati Pasmiyati, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana

 

 

Ribka Polin, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana

 

 

References

Lestari, Sudarsri, “Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi,” Jurnal Edureligia, vol. 2, no. 2, pp. 91-100, 2018. [Online]. Available: https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia/article/view/459

Triputra, DR & Kurniawan, PY, “Implementasi Media Pembelajaran Vlog Materi Dakwah Pada Mahasiswa Berdasarkan Aspek Keterampilan Berbahasa,” Jurnal Ilmiah Kontekstual, vol.1, no. 1, pp. 18-25, 2019, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/54

Rulviana, Vivi, “Implementasi Media Edmodo dalam Mata Kuliah Pengembangan Kurikulum Sekolah Dasar,” Jurnal Refeksi Edukatika, vol. 8. no. 2, pp. 205-208 , 2018, [Online]. Available: https://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE/article/view/2361

Nurpratiwiningsih, L & Prasetiyoko, DT, “Development of Education Games Map Material as Learning Media for Elementary School Students,” Journal of Primary Education, vol.8, no. 3, pp. 249-257, [Online]. Available: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/26251

Dharmawati, “Penggunaan Media e-Learning Berbasis Edmodo Dalam Pembelajaran English for Business,” QUERY: Jurnal Sistem Informasi, vol. 01, no. 01, pp. 43-46, 2017, [Online]. Available: http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/query/article/view/640/463

Gatot, Priowijanto, “Materi Simulasi Digital,” 2013, Seamolec, Jakarta.

Mumpuni, A & Nurpratiwiningsih, L, “The Development of a Web-Based Learning to Improve of a Creative Writing Ability of PGSD Students,” Jurnal Cakrawala Pendidikan, vol. 37, no. 2, pp. 321-332, 2018, [Online]. Available: https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/20009

Putri, dkk, “Penggunaan Media Pembelajaran Edmodo Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pemasaran Di Smk Negeri 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017,” Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial, vol. 11, no.1, pp. 108-114 , 2017, [Online]. Available: https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/6455

Arikunto, S, “Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan,” 2012, Bumi Aksara, Jakarta

Firman, F & Rahman, SR, “Pembelajaran Online di Tengah Covid Pandemi 19,” Indonesian Journal of Educational Science (IJES), vol. 2, no. 2, pp. 81-89, 2020, [Online]. Available: https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/ijes/article/view/659

Rachmawati, dkk, “Pengaruh Media Edmodo Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Indralaya Utara,” Jurnal Profit, vol. 2, no 2, pp. 186-193, 2015, [Online]. Available: https://core.ac.uk/download/pdf/267824880.pdf

Arifin, Zainal, “Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru,” 2012, Remaja Rosda Karya, Bandung

Susanto, Ahmad, “Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar,” 2013, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Downloads

Published

2020-08-31

How to Cite

Fembriani, F., Koroh, T. R. ., Pasmiyati, P., & Polin, R. . (2020). Efektifitas Edmodo Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Universitas Nusa Cendana. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(01), 8–14. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i01.243

Issue

Section

Articles