Efektifitas Edmodo Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Universitas Nusa Cendana
DOI:
https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i01.243Keywords:
efektivitas, edmodo, hasil belajarAbstract
Keterbatasan pertemuan dosen dan mahasiswa menjadi masalah penting di era ini. Dosen tidak dapat bertemu dengan mahasiswa, hal ini terjadi karena perkembangan virus COVID-19 yang menjadi ancaman. Akan tetapi kegiatan perkuliahan harus tetap dilaksanakan. Pembelajaran menggunakan edmodo menjadi salah satu jalan keluarnya. Matakuliah belajar pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi edmodo. Matakuliah ini merupakan matakuliah dasar yang harus dikuasai mahasiswa PGSD. Sebagai calon guru mahasiswa harus menguasai teori-teori belajar yang ada dalam matakuliah belajar pembelajaran. embelajaran dengan edmodo mendapatkan hasil penelitian yang efektif. Hasil tersebut didapatkan dari analisis data yang telah dilakukan oleh peneliti. Analisis data dimulai dari uji validitas dan reliabilitas, dan mendapatkan hasil bahwa semua soal yang digunakan untuk penelitian dinyatakan valid dan reliabel. Hasil penelitian yang efektif dianalisis menggunakan uji T dan uji N-Gain. Uji T mendapatkan hasil 0,000<0,005 hal ini berarti Ha diterima yaitu ada perbedaan nilai pretest dan posttest setelah mendapatkan pembelajaran dengan edmodo. Uji N-Gain mendapatkan hasil rata-rata 0,491 berada pada kategori sedang. Dapat disimpulkan pembelajaran dengan edmodo dapat meningkatkan hasil pembelajaran dengan kategori sedang.
References
Lestari, Sudarsri, “Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi,” Jurnal Edureligia, vol. 2, no. 2, pp. 91-100, 2018. [Online]. Available: https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia/article/view/459
Triputra, DR & Kurniawan, PY, “Implementasi Media Pembelajaran Vlog Materi Dakwah Pada Mahasiswa Berdasarkan Aspek Keterampilan Berbahasa,” Jurnal Ilmiah Kontekstual, vol.1, no. 1, pp. 18-25, 2019, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/54
Rulviana, Vivi, “Implementasi Media Edmodo dalam Mata Kuliah Pengembangan Kurikulum Sekolah Dasar,” Jurnal Refeksi Edukatika, vol. 8. no. 2, pp. 205-208 , 2018, [Online]. Available: https://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE/article/view/2361
Nurpratiwiningsih, L & Prasetiyoko, DT, “Development of Education Games Map Material as Learning Media for Elementary School Students,” Journal of Primary Education, vol.8, no. 3, pp. 249-257, [Online]. Available: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/26251
Dharmawati, “Penggunaan Media e-Learning Berbasis Edmodo Dalam Pembelajaran English for Business,” QUERY: Jurnal Sistem Informasi, vol. 01, no. 01, pp. 43-46, 2017, [Online]. Available: http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/query/article/view/640/463
Gatot, Priowijanto, “Materi Simulasi Digital,” 2013, Seamolec, Jakarta.
Mumpuni, A & Nurpratiwiningsih, L, “The Development of a Web-Based Learning to Improve of a Creative Writing Ability of PGSD Students,” Jurnal Cakrawala Pendidikan, vol. 37, no. 2, pp. 321-332, 2018, [Online]. Available: https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/20009
Putri, dkk, “Penggunaan Media Pembelajaran Edmodo Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pemasaran Di Smk Negeri 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017,” Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial, vol. 11, no.1, pp. 108-114 , 2017, [Online]. Available: https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/6455
Arikunto, S, “Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan,” 2012, Bumi Aksara, Jakarta
Firman, F & Rahman, SR, “Pembelajaran Online di Tengah Covid Pandemi 19,” Indonesian Journal of Educational Science (IJES), vol. 2, no. 2, pp. 81-89, 2020, [Online]. Available: https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/ijes/article/view/659
Rachmawati, dkk, “Pengaruh Media Edmodo Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Indralaya Utara,” Jurnal Profit, vol. 2, no 2, pp. 186-193, 2015, [Online]. Available: https://core.ac.uk/download/pdf/267824880.pdf
Arifin, Zainal, “Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru,” 2012, Remaja Rosda Karya, Bandung
Susanto, Ahmad, “Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar,” 2013, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.