Miskonsepsi Matematika Mahasiswa PGSD Pada Penyelesaian Operasi Hitung Bilangan Bulat

Authors

  • Awal Nur Kholifatur Rosyidah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram
  • Mohammad Archi Maulyda Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram
  • Itsna Oktaviyanti Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i01.244

Keywords:

miskonsepsi, matematika, bilangan bulat

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis miskonsepsi yang dilakukan mahasiswa PGSD sebagai calon guru Sekolah Dasar dalam menyelesaikan operasi hitung bilangan bulat. Miskonsepsi digolongkan menjadi 3 jenis yaitu Careless errors (Ca), Concept errors (Co), serta Careless errors dan Concept errors (Ca an Co). Peneliti memberikan 6 butir soal operasi hitung bilangan bulat kepasa 45 mahasiswa PGSD kelas 3E yang menempuh mata kuliah Pembelajaran Matematika SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 10% mahasiswa melakukan miskonsepsi jenis Careless errors (Ca) dalam menyelesaikan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. 53% dengan persentase tertinggi (24 mahasiswa) melakukan miskonsepsi jenis Concept error (Co) dalam menyelesaikan operasi pengurangan bilangan bulat negatif dengan positif dan negatif dengan negatif. Serta ada 4 mahasiswa dengan persentase sebesar 9% dari total enam soal yang diberikan melakukan miskonsepsi jenis Careless and Concept error (Ca and Co) di dalam menyelesaikan operasi hitung pengurangan bilangan bulat yang sejenis, yaitu negatif dengan negatif maupun positif dengan positif.

Author Biographies

Awal Nur Kholifatur Rosyidah, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

 

 

Mohammad Archi Maulyda, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

 

 

Itsna Oktaviyanti, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

 

 

References

Marsigit, Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik, Pengembangan Karakter dalam Pendidikan Matematika, 2011, UNY Press, Yogyakarta.

Yuliyanti, N & Sunarsih, D, “Pengaruh Model Cooperative Tipe TGT Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas IV,” Jurnal Ilmiah Kontekstual, vol. 1, no.1, pp. 45-53, 2019, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/58/40

National Council of Teacher of Mathematics (NCTM), Principles and Standards for School Mathematics, 2000, Association Drive, Reston.

M. Khalid and Z. Embong, “Source and possible causes of errors and misconceptions in operations of integers,” IEJME, International Electtonic Journal of Mathematics Education., vol. 15, no. 2, pp 1-13, 2020, [Online]. Available: http://doi.org/10.29333/iejme/6265

J. P. Purwaningrum and H. S. Bintoro, “Miskonsepsi matematika materi bilangan pada mahasiswa calon guru sekolah dasar,” Prosiding Seminar Nasional MIPA., vol. 1, no. 1, pp 173-180, 2019, [Online]. Available: https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/SNMIPA/article/view/193

D. Permata., P Wijayanti., and Masyariah, “Students’ misconceptions on the algebraic prerequisites concept: operation of integer numbers and fractions,” Journal of Physics: Conf. Series., pp 1-17, 2019, [Online]. Available: https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1188/1/012059/meta

L. Badriyah., A. R. As’ari., and H. Susanto, “Profil kesalahan siswa smp dalam menyelesaikan operasi hitung bilangan bulat,” pp 485-491, 2017, [Online]. Available: http://www.researchgate.net/publication/313058147

J. Bolyard, and P. M. Packenham, “Making sense of integer Arithmetic: The effect of using virtual manipulatives on students' represent-tational fluency,” Journal of Computers in Mathematics and Science Teaching., vol. 31, no. 2, pp 93-113, 2012, [Online]. Available: https://learntechlib.org/p/39192/

L. Badriyah., A. R. As’ari., and H. Susanto, “Analisis kesalahan dan scaffolding siswa berkemampuan rendah dalam menyelesaikan operasi tambah dan kurang bilangan bulat,” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan., vol. 2, no. 1, pp 50-57, 2017, [Online]. Available: http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/8403

U. Fatmahanik, “Penelusuran miskonsepsi operasi bilangan bulat dalam pembelajaran matematika pada mahasiswa pgmi dengan menggunakan cri (certainly of respon index),” Cendekia: Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan., vol. 16, no. 1, pp 167-187, 2018, [Online]. Available: https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/cendekia

R. Kurniati., Ruslan., and H. Ihsan, “Miksonsepsi siswa sekolah menengah pertama (SMP) terhadap bilangan bulat, operasi dan sifat-sifatnya.” Inteligensi Jurnal Ilmu Pendidikan., vol. 1, no. 1, pp 1-17, 2018, [Online]. Available: https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/inteligensi/article/view/1137

Downloads

Published

2020-08-31

How to Cite

Rosyidah, A. N. K., Maulyda, M. A. ., & Oktaviyanti, I. . (2020). Miskonsepsi Matematika Mahasiswa PGSD Pada Penyelesaian Operasi Hitung Bilangan Bulat. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(01), 15–21. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i01.244

Issue

Section

Articles