Keterampilan Hidroponik Untuk Perkembangan Sosial-Emosional Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i01.245Keywords:
sekolah dasar, pelatihan, penanaman, keterampilan, anakAbstract
Siswa SD Kepunduhan 01 dan 02 telah mendapatkan pengetahuan mengenai hiduroponik. Respon dari guru dan kepala sekolah sangat baik dan atusias melihat program dalam memberikan edukasi kepada siswa. Hidroponik merupakan salah satu bagian dari mata pelajaran IPA. Pentingnya pengetahuan anti hoaks kepada siswa SD dalam mata pelajaran yang didapatkan sebagai bekal siswa untuk memilah pengetahuan yang bermanfaat bagi dirinya dan lingkungan sekitar. Dengan adanya praktikum langsung pada penanaman hidroponik menjadi hal yang nyata bukan sekedar teori yang hanya didapat dari buku pelajaran saja. Setelah acara “Sosilisasi & Pelatihan Hidroponik”, adapun prosiding yang akan dilakukan guna mempublish capture dan gambaran dari kegiatan “Sosialisasi & Pelatihan Hidroponik” bersama masyarakat kepunduhan. prosding yang akan dilaksanakan adalah berupa publikasi ke media cetak /koran suara merdeka. Di persiakan dengan beberapa hal-hal yang penting untuk sekirannya dapat di salurkan dan di informasikan kepada masyarakat umum.
References
E. Herbein, J. Golle, B. Nagengast, and U. Trautwein, “Fostering public speaking skills: Gradual implementation and effectiveness check of a public speaking training program for elementary school children,” Zeitschrift fur Erziehungswiss., vol. 23, no. 1, 2020, doi: 10.1007/s11618-019-00923-y.
A. M. N. El Achkar, V. B. R. Leme, A. B. Soares, and M. A. M. Yunes, “Life satisfaction and academic performance of elementary school students,” Psico-USF, vol. 24, no. 2, 2019, doi: 10.1590/1413-82712019240209.
I. S. Roidah, “Pemanfaatan Lahan Dengan Menggunakan Sistem Hidroponik,” J. Univ. Tulungagung BONOROWO Tahun, vol. 1, no. 2, 2014.
R. N. Sesanti and Sismanto, “Pertumbuhan dan Hasil Pakchoi (Brasicca rapa L.) pada Dua Sistem Hidroponik dan Empat Jenis Nutrisi,” J. Kelitbangan, vol. 04, no. 01, 2016.
S. Sulistyawati, M. Maulana, F. Tentama, S. A. M, and T. W. Sukesi, “Pendampingan Pembuatan Sistem Hidroponik dan Pengolahan Sampah Organik,” JPPM (Jurnal Pengabdi. dan Pemberdaya. Masyarakat), vol. 3, no. 1, 2019, doi: 10.30595/jppm.v3i1.2876.
H. Saputra, R. Rudianto, D. Setiawan, and R. A. Nugroho, “DESA WISATA HIDROPONIK SEBAGAI UPAYA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA SIDOMULYO KECAMATAN ANGGANA KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA,” J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 24, no. 1, 2018, doi: 10.24114/jpkm.v24i1.9656.
S. A. Mulasari, “PENERAPAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA (PENANAM HIDROPONIK MENGGUNAKAN MEDIA TANAM) BAGI MASYARAKAT SOSROWIJAYAN YOGYAKARTA,” J. Pemberdaya. Publ. Has. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 3, 2019, doi: 10.12928/jp.v2i3.418.
P. W. Ciptadi and R. H. Hardyanto, “Penerapan Teknologi IoT pada Tanaman Hidroponik menggunakan Arduino dan Blynk Android,” J. Din. Inform., vol. 7, no. 2, 2018.
I. Fauzi and I. H. Sastra Khusuma, “Teachers’ Elementary School in Online Learning of COVID-19 Pandemic Conditions,” J. Iqra’ Kaji. Ilmu Pendidik., vol. 5, no. 1, 2020, doi: 10.25217/ji.v5i1.914.
Irwanto, A. D. Saputro, E. Rohaeti, and A. K. Prodjosantoso, “Using inquiry-based laboratory instruction to improve critical thinking and scientific process skills among preservice elementary teachers,” Eurasian J. Educ. Res., vol. 2019, no. 80, 2019, doi: 10.14689/ejer.2019.80.8.
R. H. Hwang, H. T. Lin, J. C. Y. Sun, and J. J. Wu, “Improving learning achievement in science education for elementary school students via blended learning,” Int. J. Online Pedagog. Course Des., vol. 9, no. 2, 2019, doi: 10.4018/IJOPCD.2019040104.