Pemantauan Kedisiplinan Siswa Melalui Penetapan Indikator Perilaku Disiplin Siswa Kelas III

Authors

  • Sasi Mardikarini 2Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Doktor Nugroho Magetan
  • Laila Candra Kartika Putri Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Doktor Nugroho Magetan

DOI:

https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i01.246

Keywords:

Kedisiplinan, Indikator, Perilaku

Abstract

Tujuan dari penelitian ini, yaitu 1) untuk mengetahui perkembangan sikap disiplin siswa melalui penetapan indikator perilaku disiplin siswa di sekolah, dan 3) untuk mengetahui berbagai faktor yang mempengaruhi perkembangan sikap disiplin siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data yaitu guru kelas, kepala sekolah dan siswa kelas III. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri atas tahap pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan terlihat bahwa, 1). Perkembangan sikap disiplin siswa dilihat dari indikator disiplin siswa di kelas III SD Negeri 2 Sriti menunjukkan perkembangan yang cukup baik. Hasil kegiatan tersebut menunjukkan perubahan yang cukup signifikan dan terlihat perkembangan dalam kedisiplinan siswa. 2) Faktor- faktor yang mempengaruhi perkembangan disiplin siswa di Kelas III SD Negeri 2 Sriti terdiri dari yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari dalam diri siswa sendiri, sedangkan faktor eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar diri siswa, seperti guru kelas mereka, pihak sekolah, orang tua siswa, maupun teman- teman sekelas dan lingkungan sekitar mereka.

 

Author Biographies

Sasi Mardikarini, 2Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Doktor Nugroho Magetan

 

 

Laila Candra Kartika Putri, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Doktor Nugroho Magetan

 

 

References

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 tentang penguatan pendidikan karakter.

Andi Tenri Faradiba dan Lucia R.M. Royanto, “Karakter Disiplin, Penghargaan dan Tanggung Jawab dalam Kegiatan Ekstrakurikuler”, Jurnal Sains Psikologi, vol. 7, no. 1, pp. 93- 98, 2018, [Online]. Available: http://journal2.um.ac.id/index.php/JSPsi/article/view/2928/2106

Ati Putry Julia, “Peranan Guru dalam Meningkatkan Karakter Disiplin dan Kejujuran Siswa”, Jurnal Dedikasi Pendidikan, vol 03, no. 02, 2019, pp. 112-122, 2019, [Online] Available: http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi/article/view/278/pdf.

Elmubarok, Z., Membumikan Pendidikan Nilai, 2009, Alfabeta, Bandung.

Rosma Elly, “Hubungan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SD Negeri 10 banda Aceh”, Jurnal Pesona Dasar. vol. 3 no. 4, pp. 43-53, 2016, [Online] Available: http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/PEAR/article/view/7540.

Nur Rahmat, Sepriadi, dam Rasmi Daliana, “Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Melalui Guru Kelas di SD Negeri 3 Rejosari Kabupaten Oku Timur”, Jurnal Manajemen, Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan, vol 2, no. 2, pp. 229-244, 2017, [Online] Available: https://media.neliti.com/media/publications/230855-pembentukan-karakter-disiplin-siswa-mela-004867de.pdf

Ma’sumah, Siti. 2015. Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri se-Daerah Binaan II Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen. Skripsi Tidak Diterbitkan. Semarang: Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.

Njoroge, Philomena Mukami and Ann Nduku Nyabuto, “Discipline as a Factor in Academic Performance in Kenya”. Journal of Educational and Social Research, vol. 4, no. 1, 2014, [Online] Available: https://www.mcser.org/journal/index.php/jesr/article/view/1847

Anitah, Sri, Media Pembelajaran, 2009, Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 FKIP UNS Surakarta, Surakarta.

Sugeng Hatyono, “Pengaruh Kedisiplinan Siswa dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi”, Jurnal Ilmiah Kependidikan, vol. 3, no. 3, pp. 261-274, 2016, [Online] Available: https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/viewFile/939/874

Shofwatul Badi’ah, “Penerapan Disiplin Melalui Budaya Sekolah pada Siswa Kelas VA SD Negeri Pujokusuman 1 Yogyakarta”, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 5, no. 1, 2016, [Online] Available: http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/242.

Mastur, “Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pelaksanaan Pembelajaran di SMP”, Jurnal Inovsi Teknologi Pendidikan, vol. 4, no. 1, pp. 50-64, 2017, [Online] Available: https://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/article/view/10131/9313.

Kartinah Kartinah, “Pengembangan Instrumen Pengukuran Disiplin untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama”, Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, vol. 6, no. 2, pp. 102-108, 2018, [Online] Available : http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wd.

Musfiqon, Metodologi Penelitian Pendidikan, 2012, Prestasi Pusdakarya, Jakarta.

Miles, Mattew B dan Amichael Huberman, Analisis Data Kualitatif Buku Sumber tentang Metode- Metode Baru, Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohisi, 2007, Universitas Indonesia, Jakarta.

Hurlock, Elizabeth, B, Psikologi Perkembangan, 2011, Erlangga, Jakarta.

Sudrajat, A. & Wibowo, A. Pembentukan Karakter Terpuji di Sekolah Dasar Muhammadiyah Condongcatur. Jurnal Pendidikan Karakter, vol. 1, no.2, pp. 174- 185, 2013, [Online] Available: https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/1438

A. Mumpuni and M. S. Masruri, “Muatan Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Teks Kurikulum 2013 Pegangan Guru Dan Pegangan Siswa Kelas II,” Jurnal Pendidikan Karakter, no. 1, pp. 17–28, 2016, [Online] Available: https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/10728/8084

Downloads

Published

2020-08-31

How to Cite

Mardikarini, S. ., & Putri, L. C. K. . (2020). Pemantauan Kedisiplinan Siswa Melalui Penetapan Indikator Perilaku Disiplin Siswa Kelas III. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(01), 30–37. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i01.246

Issue

Section

Articles