Analisis Peran Guru Dalam Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Terhadap Kreativitas Belajar Siswa

Authors

  • Farhan Saefudin Wahid Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes
  • M. Agus Purnomo Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes
  • Siti Mughimatun Ulya Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes

DOI:

https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i01.247

Keywords:

pemanfaatan lingkungan sekolah, kreativitas belajar siswa

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pemanfaatan lingkungan sekolah untuk mengembangkan kreativitas siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam pemanfaatan lingkungan sekolah dan dampaknya terhadap kreativitas belajar siswa di SD Islam Losari Lor Brebes. Penelitian ini menggunakan Metode Deskriptif dengan bentuk wawancara kepada kepala sekolah, guru kelas IV, dan peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pemanfaatan lingkungan sekolah SD Islam Losari Lor Brebes di dalam dan di lingkungan sekolah, dapat membantu kinerja guru dalam menyampaikan informasi dan mempermudah siswa untuk menerima materi dengan cepat dan dapat menumbuhkan kreativitas belajar siswa. Adapun kendala atau kekurangan dalam pemanfaatan lingkungan dalam kelas dan lingkungan sekolah SD Islam Losari Lor Brebes, membutuhkan perencanaan pembelajaran yang matang dan membutuhkan guru pendamping dalam menyampaikan informasi. Saran dari peneliti untuk pihak sekolah agar memperbanyak sumber belajar di dalam lingkungan kelas dan lingkungan sekolah.

 

Author Biographies

Farhan Saefudin Wahid, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes

 

 

M. Agus Purnomo, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes

 

 

Siti Mughimatun Ulya, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes

 

 

References

Hamalik, O., Proses Belajar Mengajar, 2001, Bumi Aksara, Jakarta.

Vera, A., Metode Mengajar Anak di Luar Kelas, 2012, Divaperss, Yogyakarta.

Kurniasih, I., Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalisme Guru, 2017, Katapena, Jakarta.

Sangidun, Kampus Kawasan Lingkungan, 2010, Saka, Yogyakarta.

Rohani, A., Pengelolaan Pengajaran, 2010, Rineka Cipta, Jakarta.

Wahid, FS., Pendidikan IPS di SD Untuk PGSD (S1), 2015, Diya Media Group, Brebes.

Anas, I., Pendidikan Karakter, Pendidikan Berbasis Agama Dan Budaya Bangsa, 2013, Pustaka Setia, Bandung.

Saondi, O & Suherman, A., Etika Profesi Keguruan, 2012, Refika Aditama, Bandung.

Murniyati, E., Pendidikan Pembimbingan Anak Kreatif, 2012, Pedagogia, Yogyakarta.

Mumpuni, A., & Masruri, M. S, Muatan Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Teks Kurikulum 2013 Pegangan Guru Dan Pegangan Siswa Kelas II. Jurnal Pendidikan Karakter, vol. 6, no. 1, pp. 17–28, 2016, [Online]. Available: https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/10728/8084

Downloads

Published

2020-08-31

How to Cite

Wahid, F. S., Purnomo, M. A. ., & Ulya, S. M. . (2020). Analisis Peran Guru Dalam Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Terhadap Kreativitas Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(01), 38–42. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i01.247

Issue

Section

Articles