Model Pendampingan Belajar Pada Anak Keluarga TKW Di SD Negeri Wanacala 02 Brebes

Authors

  • Moh Toharudin Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes
  • Ahlul Rukyat Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes

DOI:

https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i01.249

Keywords:

pola asuh, belajar, keluarga TKW

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pendampingan belajar anak keluarga TKW, dan metode orang tua dalam pengasuhan belajar anak pada keluarga TKW. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi berperan serta pasif dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini di SD Negeri Wanacala 02 Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes Jawa Tengah. Informan dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru, Siswa dan Orang tua. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Jumlah siswa yang orang tuanya pergi keluar negeri sebagai TKW sebanyak 10 siswa dari kelas 4 sampai kelas 6 di SD Negeri Wanacala 02; pendampingan belajar anak pada keluarga TKW dapat dilihat dari kendala dalam proses pendampingan dan dampak yang ditimbulkan terkait pendampingan belajar anak seperti latar belakang keluarga. Secara umum, permasalahan yang muncul dalam pendampingan belajar anak ialah penyesuaian diri dari pihak pengasuh maupun anak serta dampak pengasuhan yang dilakukan oleh pihak pengasuh yaitu anak yang diasuh oleh bapak kandungnya ketika Ibu bekerja sebagai TKW lebih memilih mendampingi dengan otoritatif, dan anak yang diasuh oleh Kakek atau Neneknya ketika Ibu kandungnya bekerja sebagai TKW lebih memilih mendampingi belajar dengan cara permisif dan anak yang diasuh oleh tantenya memilih metode moderat.

 

Author Biographies

Moh Toharudin, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes

 

 

Ahlul Rukyat, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes

 

 

References

Sibawih, Imam; Rahayu, Anita Tri, Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Gaya Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Atas Kharismawita Jakarta Selatan. Research and Development Journal of Education,vol. 3. no. 2, pp. 172-185,2017, [Online]. Available:https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/RDJE/article/view/2014/1527

Hidayat, “Memahami Sifat Fitrah Orang Tua,” 2003, Irsyad Baitus Salam, Bandung.

Tarmudji, Tarsis, “Pengembangan Pola Asuh,” 2005, Gramedia, Jakarta.

Agus, Taufik, “Pendidikan Anak di SD,” 2014, Universitas Terbuka, Tangerang Selatan.

Yusuf, S, “Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung,” 2012, RemajaRosda Karya, Bandung

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2004, tentang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri.

Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor: KEP-104 A/MEN/2002, tentang Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Ke Luar Negeri.

Sutiana, MA, dkk.,“Pola Pengasuhan Anak Pada Keluarga TKW di Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar,”Paradigma, vol. 6, No. 1, pp. 1-6,2017,[Online]. Available:https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/22166

Bogdan, R.C., & Biklen, S.K, “Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods (Thirds Edition),” 1982, Allyn and Bacon, Boston.

Palupi, “Emosional Parenting,” 2007, Nuansa Aksara, Jakarta.

Toharudin, Mohammad; Wihandani, Neni, “Peran Orang Tua Asuh dalam Mendampingi Anak Pada Keluarga TKW di SDN Dukuh Payung 03 Brebes, ”Jurnal Ilmiah Ultras, vol. 3, no. 1, pp. 3-15, 2019, [Online]. Available:http://jurnal-ultras.brebeskab.go.id/index.php/ultras/issue/view/JurnalUltras

Triputra, Dedi Romli. "Early Childhood parenting in the review of Islamic religious perspectives in Songgom Brebes." International Journal of Emerging Issues in Early Childhood Education, vol. 2, no. 1, pp. 30-44, 2020, [Online]. Available:http://journals.rsfpress.com/index.php/ijeiece/article/view/207

Downloads

Published

2020-08-31

How to Cite

Toharudin, M., & Rukyat, A. . (2020). Model Pendampingan Belajar Pada Anak Keluarga TKW Di SD Negeri Wanacala 02 Brebes. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(01), 50–56. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i01.249

Issue

Section

Articles