Analisis Kesulitan Belajar Muatan Matematika Kelas IV SD Tahfidzul Qur’an Darul Abror

Authors

  • Unais Mabruroh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes
  • Diah Sunarsih Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes
  • Atikah Mumpuni Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes

DOI:

https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i01.250

Keywords:

kesulitan belajar, matematika, faktor internal, faktor eksternal

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas IV SD Tahfidzul Qur’an Darul Abror yang mengalami kesulitan pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan faktor penyebab kesulitan belajar matematika pada materi bangun datar persegi dan persegi panjang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data menggunakan hasil tes, observasi partisipatif, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa jenis kesulitan belajar muatan matematika materi bangun persegi dan persegi panjang yang dialami oleh peserta didik  kelas IV yaitu: a) peserta didik belum memahami sifat-sifat bangun datar persegi dan persegi panjang, b) kesulitan menentukan rumus untuk menyelesaikan suatu masalah, c) kelemahan dalam menghitung, d) kesulitan bahasa dan membaca. Faktor penyebab kesulitan belajar terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari diri peserta didik, meliputi kesehatan fisik dan sikap peserta didik Faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar diri peserta didik, meliputi sikap guru dan alat pembelajaran. Saran dalam penelitian ini adalah pembelajaran matematika perlu pengulangan dan memperbanyak frekuensi latihan soal, sehingga peserta didik dapat memahami konsep matematika.

 

 

Author Biographies

Unais Mabruroh, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes

 

 

Diah Sunarsih, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes

 

 

Atikah Mumpuni, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes

 

 

References

Susanto, Ahmad., Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, 2013, Kencana, Jakarta.

Waskitoningtyas, Rahayu Sri., “Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kota Balikpapan Pada Materi Satuan Waktu Tahun Ajaran 2015/2016”, Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, vol. 5, no. 1, [Online]. Available: http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/jipm/article/view/852.

Astuti, Fitri Novi., Analisis Kesulitan Pemahaman Konseptual Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Peluang Di MAN Sanggau, Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatilistiwa, vol. IV, no. 10, [Online]. Available: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11971.

Nurdiantoro, Faisal., Kesulitan Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 3 Rejoagung Kedunwaru Tulungagung, Skipsi, IAIN Tulungagung. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2017, Tulungagung.

Widyasari, Ni Made Dwi., Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas IV Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di SD Piloting Se-Kabupaten Gianjar, e-Jurnal PGSD, vol. III, no. 1, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/5069.

Mu’min, Siti Aisyah., “Teori Perkembangan Jean Piaget”, Jurnal Al-Ta’dib, vol.6, no. 1, [Online]. Available: https://media.neliti.com/media/publications/235758-teori-perkembangan-kognitif-jean-piaget-48cba26e.pdf.

Hasanah, Analisis Kesulitan Belajar Siswa Ditinjau Dari Segi Kemampuan Koneksi Matematika Materi Pokok Segiempat Dan Segitiga Pada Siswa Kelas VII MTs Yusuf Abdussatar Tahun Ajaran 2016/2017, Skripsi, Fakultas Ilmu Trabiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Mataram, 2017, Mataram.

Nelawati, Pengembangan Modul Materi Bangun Datar Siswa SD Bercirikan Etnomatematika Di Kabupaten Oku Timur, Skripsi, Fakultas Tarbiyah Ilmu Dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan, 2018, Lampung.

Tyas, Ni’mah Mulyaning, Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan ungaran Barat Kabupaten Semarang, Skripsi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2016, Semarang.

Jamal, Fakhrul., “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Pada Materi Peluang Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan, Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 1, no. 1, [Online]. Available: https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/232.

Cahyaningrum, Siti., “Identifikasi Kesulitan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Prisma Dan Limas Siswa Kelas VIII Semester II SMP Negeri Delanggu Tahun Ajaran 2014/2015”, Naskah Publikasi, [Online]. Available: http://eprints.ums.ac.id/38359/.

Utari, Rizky Dian., “Analisis Kesulitan Belajar Matematika Dalam Mentelesaikan Soal Cerita”, Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, vol. 3, no. 4, pp. 534-540, [Online]. Available: http://ejournal.undisha.ac.id/index.php/JISD/index.

Supriyanto, Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah, Jurnal Swarnadwipa, vol. II, no. 1, [Online]. Available: https://ojs.ummetro.ac.id/index.php/swarnadwipa/article/view/759.

Jamaris, Martini., Kesulitan Belajar Bagi Anak Usia Dini dan Usia Sekolah, 2015, Ghalia Indonesia, Bogor.

Hasibuan, Eka Khairani., Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Di SMP Negeri 12 Bandung, AXIOM, vol. VII, no. 1, [Online]. Available: http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/axiom/article/view/1766.

Downloads

Published

2020-08-31

How to Cite

Mabruroh, U. ., Sunarsih, D. ., & Mumpuni, A. . (2020). Analisis Kesulitan Belajar Muatan Matematika Kelas IV SD Tahfidzul Qur’an Darul Abror. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(01), 58–68. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i01.250

Issue

Section

Articles