Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas II Pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan

Authors

  • Rohani Rohani Pendidikan Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram
  • Heri Hadi Saputra Pendidikan Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram
  • Awal Nur Kholifatur Rosydah Pendidikan Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i02.393

Keywords:

Kesulitan Belajar Peserta didik,, Penjumlahan dan pengurangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik pada materi penjumlahan dan pengurangan di kelas II Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 1 Suradadi pada bulan November 2020 dengan subjek penelitian 24 peserta didik kelas II. Instrumen  dalam penelitian  ini adalah tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data model Iteraktif Analysis Miles and Huberman yang terdiri dari reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menujukkan 1) terdapat peserta didik yang mengalami kesulitan belajar pada materi penjumlahan dan pengurangan; 2) kesulitan yang dialami oleh peserta didik kelas II disebabkan oleh beberapa faktor yaitu malas dan masih ada peserta didik yang belum bisa membaca sehingga tidak memahami maksud soal; 3) kesulitan yang dialami oleh peserta didik kelas II disebabkan karena kurangnya memahami konsep penjumalahan dan pengurangan bersusun panjang; 4) kesulitan belajar peserta didik disebabkan karena peserta didik tidak memahami konsep penjumlahan dan pengurangan teknik simpan dan teknik meminjam. Saran-saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu, bahwa pendampingan proses belajar penjumlahan dan pengurangan sangat perlu dilakukan oleh guru/orang tua dan penyajian soal sebaiknya dilakukan secara bertahap.

References

O. Hamalik, “Kurikulum dan Pembelajaran.” Bumi Aksara, Jakarta, 2014.

Trianto, Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestasi Pustakarta, 2010.

E. M. Yeni, “Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar,” Jurnal Pendidikan Dasar, vol. 2, no. 2, pp. 1–10, 2015, [Online]. Available: http://jfkip.umuslim.ac.id/index.php/jupendas/article/view/231.

M. A. Syafiudin, A. Hartoyo, and A. Nursangaji, “Kesulitan siswa menyelesaikan soal mengenai jarak dalam bangun ruang berdasarkan model kesulitan newman,” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, vol. 7, no. 10, pp. 1–11, 2018, [Online]. Available: https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/29036.

D. Faizah, “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di MI Al-Ma’rifatul Islamiyah Dasan Agung Mataram,” Universitas Islam Negeri Mataram, 2018.

A. N. K. Rosyidah, M. A. Maulyda, and I. Oktaviyanti, “Miskonsepsi Matematika Mahasiswa PGSD Pada Penyelesaian Operasi Hitung Bilangan Bulat,” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, vol. 2, no. 01, pp. 15–21, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/244.

M. Y. D. Muntadiharoh, “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas II Pada Materi Penjumlahan Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Tulungagung,” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2017.

Murzani, “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas IV SDN 9 Masbagik Utara Tahun Pelajaran 2017/2018,” Universitas Mataram, 2018.

U. Mabruroh, D. Sunarsih, and A. Mumpuni, “Analisis Kesulitan Belajar Muatan Matematika Kelas IV SD Tahfidzul Qur’an Darul Abror,” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, vol. 2, no. 01, pp. 58–68, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/250.

D. Selvianiresa, “Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Nilai Tempat Mata Pelajaran Matematika Di Kelas I SD,” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, vol. 2, no. 1, p. 65, 2017, [Online]. Available: https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/451.

N. Amallia and E. Unaenah, “Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar,” Attadib Journal Of Elementary Education, vol. 3, no. 2, pp. 123–133, 2018, [Online]. Available: https://www.jurnalfai-uikabogor.org/index.php/attadib/article/view/414.

T. Runtukahu and S. Kandou, Pembelajaran matematika dasar bagi anak berkesulitan belajar. Yogyakarta, 2014.

D. R. Utari, M. Y. S. Wardana, and A. T. Damayani, “Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita,” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, vol. 3, no. 4, p. 545, 2019, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/22311.

A. Zakelj, “Procesi učenja z vidika učnih težav učencev pri matematiki,” Revija za Elementarno Izobrazevanje, vol. 7, no. 2, pp. 5–22, 2014, [Online]. Available: https://www.proquest.com/docview/1544367789/BC85C06B00834E0APQ/3.

P. Astuti, A. Mumpuni, and B. A. Pranoto, “Pengaruh Minat Dan Kemampuan Membaca Peserta Didik Dalam Memahami Teks Bacaan,” Jurnal KONTEKSTUAL, vol. 01, no. 1, pp. 26–32, 2019, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/55.

A. Fatahillah, Y. F. Wati, and Susanto, “Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika berdasarkan Tahapan Newman beserta Bentuk Scaffolding yang diberikan,” Kadikma, vol. 8, no. 1, pp. 40–51, 2017, [Online]. Available: https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/5229.

E. Zakiyah, T. Handayani, and F. A. Sofyan, “Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Campuran Siswa Kelas IV di MI Hijriyah II Palembang,” Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, vol. 9, no. 1, p. 41, 2019, [Online]. Available: https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/adzka/article/view/3006.

Downloads

Published

2021-02-27

How to Cite

Rohani, R., Hadi Saputra, H. ., & Kholifatur Rosydah, A. N. . (2021). Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas II Pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(02), 17–26. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i02.393

Issue

Section

Articles