Manajemen Pendidikan di Sekolah Dasar dalam Pengembangan Kewirausahaan

Authors

  • Nur Zaytun Hasanah Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Agama Islam, Universitas Islam Indonesia
  • Nurafni Nurafni Program Studi Ahwal Syakshiyyah, Fakultas Ilmu Agama Islam, Universitas Islam Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46772/kontekstual.v3i01.484

Keywords:

Manajemen,, Pendidikan,, Kewirausahaan

Abstract

Guru memiliki andil yang sangat besar terhadap keberhasilan siswa di sekolah dalam mengembangkan minat kewirausahaan. Kepala sekolah juga berperan penting dalam membantu para guru mewujudkan minat siswa dalam pengembangan kewirausahaan. Akan tetapi, di era sekarang ini masih ada sekolah-sekolah yang belum maksimal dalam mengembangkan minat kewirausahaan pada jiwa siswa. Sehingga, angka pengangguran di Indonesia semakin lama semakin meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menginterpretasikan pentingnya manajemen pendidikan dalam pengembangan kewirausahaan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian deskripsi kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, metode dokumentasi dan metode wawancara. Teknik analisis data yang digunakan ialah Miles, Huberman dan Saldana dengan tahapan koleksi data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan kewirausahaan yang dilaksanakan di SD Muhammadiah Pakem dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya: 1) membekali guru dengan materi kewirausahaan; 2) mengintegrasikan dalam muatan pelajaran; 3) menyediakan sarana dan fasilitas pendukung; 4) membuat kegiatan berbasis kewirausahaan, serta 5)  bekerja dengan orang tua.

References

H. Maulana, “Pengembangan jiwa kewirausahaan: studi kasus terhadap mahasiswa yang berwirausaha di Yogyakarta,” Jurnal Ecodemica, vol. 2, no. 1, pp. 21–29, 2018, [Online]. Available: https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/2666.

A. A. Gümüsay, “Entrepreneurship from an Islamic perspective,” Journal of Business Ethics, vol. 130, no. 1, pp. 199–208, 2015, [Online]. Available: https://philpapers.org/rec/GMSEFA.

H. Y. Hijriah, “Spiritualitas Islam dalam kewirausahaan,” Tsaqafah: Jurnal Peradaban Islam, vol. 12, no. 1, p. 187, 2016, [Online]. Available: http://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tsaqafah.

W. R. Wahyuni and W. Hidayati, “Peran sekolah dalam membentuk keterampilan wirausaha berbasis tauhid di SD Entrepreneur Muslim Alif-A Piyungan Bantul Yogyakarta,” MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 2, no. 2, pp. 359–377, 2017, [Online]. Available: http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/manageria/article/view/1624.

J. Maknuni, “Strategi sekolah dasar dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan peserta didik,” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, vol. 2, no. 2, pp. 9–16, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/392.

M. Faisal, H. Hotimah, N. Nurhaedah, N. AP, and K. Khaerunnisa, “Peningkatan kompetensi guru sekolah dasar dalam mengembangkan bahan ajar digital di Kabupaten Gowa,” Jurnal Publikasi Pendidikan, vol. 10, no. 3, pp. 266–270, 2020, [Online]. Available: http://ojs.unm.ac.id/index.php/pubpend.

A. Anjar, M. Siregar, T. Toni, M. K. Ritonga, H. S. Haragap, and Z. A. Siregar, “Pengaruh perilaku inovatif terhadap kinerja kepala sekolah dasar di Kabupaten Labuhanbatu,” Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, vol. 8, no. 3, pp. 26–32, 2020, [Online]. Available: http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1742.

R. Yuliana, “Pengaruh pembelajaran daring dan fasilitas penunjang terhadap kinerja guru dan hasil belajar siswa,” Jurnal Lipnas, vol. 3, no. 2, pp. 1–18, 2021, [Online]. Available: http://journal.umuslim.ac.id/index.php/ltr2/article/view/496/409.

T. Azhari and J. Sahputri, “Hubungan antara sarana pendukung, proses, dan hasil pembelajaran,” Jurnal Ilmiah Sains, Teknologi, Ekonomi, Sosial dan Budaya, vol. 5, no. 2, pp. 33–36, 2021, [Online]. Available: https://jurnallipnas.com/wp-content/uploads/2021/07/10.-jurnal-nana-1.pdf.

S. Sugianti, R. S. I. Dewi, and S. Maemunah, “Upaya menumbuhkan enterpreneurship anak usia dini melalui kegiatan market day pada kelompok B TK Aqila Yasmin Ceper Klaten,” Sentra Cendekia, vol. 1, no. 2, pp. 52–56, 2020, [Online]. Available: http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/Jsc/article/view/1296.

Downloads

Published

2021-08-31

How to Cite

Hasanah, N. Z. ., & Nurafni, N. (2021). Manajemen Pendidikan di Sekolah Dasar dalam Pengembangan Kewirausahaan . Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 3(01), 78–84. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v3i01.484

Issue

Section

Articles