Pola Asuh Orang Tua Militer dalam Meningkatkan Kemandirian Anak

Authors

  • Alfina Bakti P Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Ika Fitri Apriani Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.46772/kontekstual.v3i01.488

Keywords:

pola asuh orang tua militer, kemandirian, kemandirian anak

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya asumsi mengenai orang tua siswa yang bertugas di bagian militer selalu menerapkan pola asuh otoriter kepada anak-anaknya dalam upaya membentuk karakter anak, khususnya dalam aspek kemandirian. Tujuan penelitian ini hadir untuk mengetahui pola asuh orang tua militer dalam upaya meningkatkan kemandirian anak. Penelitian ini menggunakan studi deskripstif dan subjek terdiri dari dua keluarga militer di Batalyon Artileri Medan 10. Hasil menunjukkan bahwa keluarga militer menerapkan pola asuh demokratis semi otoriter dalam upaya meningkatkan kemandirian anak. Pemodifikasian pola asuh otoriter dan demokratis yang diterapkan oleh kedua orang tua responden, dipengaruhi oleh latar belakang historis dan habits yang dimiliki berbeda. Terdapat beberapa hambatan penanaman pola asuh yang dialami kedua orang tua responden dalam upaya meningkatkan kemandirian anak, diantaranya sikap manja dan malas dalam diri anak, intensitas waktu yang dimiliki kedua serta miskomunikasi antara orang tua dan anak. Melalui pola asuh demokratis semi otoriter yang diterapkan kedua orang tua responden, memberikan dampak terhadap perkembangan kemandirian anak. Hal ini dibuktikan dengan tingkat kemandirian anak pada beberapa indikator, seperti percaya diri, mampu bekerja sendiri, menghargai waktu, bertanggung jawab, memiliki hasrat untuk maju, dan mampu mengambil keputusan sendiri, berada pada ranah yang baik.

References

K. Sunarty, “Hubungan pola asuh orangtua dan kemandirian anak,” Journal of Educational Science and Technology (EST), vol. 2, no. 3, pp. 152–160, 2016, [Online]. Available: https://ojs.unm.ac.id/JEST/article/view/3214.

S. Mardikarini and L. C. K. Putri, “Pemantauan kedisiplinan siswa melalui penetapan indikator perilaku disiplin siswa kelas III,” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, vol. 2, no. 1, pp. 30–37, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/246.

A. Purnomo, “Pemanfaatan komponen instrumen terpadu IPA Sekolah Dasar Negeri terakreditasi A,” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, vol. 1, no. 1, pp. 7–17, 2019, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/53.

M. Toharudin and A. Rukyat, “Model pendampingan belajar pada anak keluarga TKW di SD Negeri Wanacala 02 Brebes,” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, vol. 2, no. 1, pp. 50–56, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/249.

H. Herawati and A. Jalil, “Pola asuh anak di keluarga militer (TNI) di batalyon Arhanude 13 Kubang Pekan Baru,” Jurnal Online Mahasiswa FISIP, vol. 2, no. 2, pp. 1–15, 2015, [Online]. Available: https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/7299.

R. D. Setianing, “Pola asuh anak pada keluarga militer,” Jurnal Mahasiswa Sosiologi, vol. 2, no. 1, 2015, [Online]. Available: http://jmsos.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jmsos/article/view/81.

A. Apriliana, “Studi deskriptif pola asuh orang tua Tentara Nasional Indonesia terhadap anak di tinjau dari segi nilai sosial di Batalyon Infanteri 403 Kompi Senapan C Demak Ijo,” Repositori Universitas PGRI Yogyakarta, 2017, [Online]. Available: http://repository.upy.ac.id/1553/.

K. Komala, “Mengenal dan mengembangkan kemandirian anak usia dini melalui pola asuh orang tua dan guru,” Tunas Siliwangi, vol. 1, no. 1, pp. 31–45, 2015, [Online]. Available: http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/90.

M. Lestari, “Hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian anak,” Jurnal Pendidikan Anak, vol. 8, no. 1, pp. 84–90, 2019, [Online]. Available: https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/26777.

F. Tresnningsih, D. P. D. Santi, and E. Sumiarsih, “Kemandirian belajar siswa kelas III SDN Karang Jalak I dalam pembelajaran tematik,” Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, vol. 6, no. 2, pp. 51–59, 2019, [Online]. Available: https://journal.uniku.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/2407.

Downloads

Published

2021-08-31

How to Cite

P, A. B. ., & Apriani, I. F. . (2021). Pola Asuh Orang Tua Militer dalam Meningkatkan Kemandirian Anak. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 3(01), 42–50. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v3i01.488

Issue

Section

Articles