Pengaruh Minat dan Kemampuan Membaca Peserta Didik Dalam Memahami Teks Bacaan

Authors

  • Puji Astuti Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhadi Setiabudi
  • Atikah Mumpuni Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhadi Setiabudi
  • Budi Adjar Pranoto Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhadi Setiabudi

DOI:

https://doi.org/10.46772/kontekstual.v1i01.55

Keywords:

Minat Membaca, Kemampuan Membaca, Memahami Teks Bacaan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh antara minat membaca dengan memahami teks bacaan pada peserta didik kelas IV di SD Negeri Bulakamba 01 dan untuk mengetahui pengaruh antara kemampuan membaca dengan memahami teks bacaan pada peserta didik kelas IV di SD Negeri Bulakamba 01. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri Bulakamba 01 yang berjumlah 30 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan teknik sampling jenuh dengan jumlah sampel 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan angket , observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah stsistik deskripsi, uji normalitas, uji linearitas dilakukan sebagai uji prasyarat hipotesis., uji t untuk pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil uji t minat terhadap memahami teks bacaan diperoleh hasil thitung= 2.171, yang berarti bahwa thitung> ttabel yaitu 2.171> 2,052. Sedangkan, hasil uji t kemampuan membaca terhadap memahami teks bacaan diperoleh hasil thitung = 3.232, yang berarti thitung > ttabel yaitu 3.232 > 2,034, yang berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, simpulan dari penelitian ini yaitu ada pengaruh minat dan kemampuan membaca peserta didik kelas IV dalam memahami teks bacaan  di SD Negeri Bulakamba 01.

Downloads

Published

2019-08-28

How to Cite

Astuti, P., Mumpuni, A., & Adjar Pranoto, B. (2019). Pengaruh Minat dan Kemampuan Membaca Peserta Didik Dalam Memahami Teks Bacaan. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 1(01), 26–32. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v1i01.55

Issue

Section

Articles