Hubungan Antara Disiplin dan Motivasi Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas III

Authors

  • Siti Fatimah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhadi Setiabudi
  • Rizki Umi Nurbaeti Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhadi Setiabudi
  • Budi Adjar Pranoto Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhadi Setiabudi

DOI:

https://doi.org/10.46772/kontekstual.v1i01.60

Keywords:

Disiplin Belajar, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya disiplin belajar dan motivasi belajar kelas III SD Negeri Bandungsari 01. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara disiplin belajar dan motivasi belajar dengan prestasi belajar pada siswa kelas III SD Negeri Bandungsari 01. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis statistic yang digunakan yaitu uji normalitas, uji linieritas, dan uji hipotesis. Uji Chi kuadrat untuk menguji normalitas data. Uji anova untuk menghitung linieritas data. Uji product moment untuk hipotesis. Semua perhitungan tersebut diolah dengan menggunakan program SPSS versi 21. Berdasarkan uji product moment nilai sig. (2-taled) antara disiplin belajar (X1) dengan prestasi (Y) adalah sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat korelasi yang signifikan antara variable disiplin belajar dengan variable prestasi belajar. Selanjutnya hubungan antara motivasi belajar (X2) dengan prestasi belajar (Y) memiliki nilai sig. (2-taled)  sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat korelasi yang signifikan antara variabel motivasi belajar dengan variabel prestasi belajar. Jadi simpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan antara disiplin belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar.

Downloads

Published

2019-08-28

How to Cite

Fatimah, S., Umi Nurbaeti, R., & Adjar Pranoto, B. (2019). Hubungan Antara Disiplin dan Motivasi Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas III. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 1(01), 63–69. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v1i01.60

Issue

Section

Articles