Implementasi Kampus Mengajar Angkatan I di Sekolah Dasar

Authors

  • Ocviani Dwi Cahya Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal
  • Sesya Dias Mumpuni Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal
  • Dony Apriatama Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal

DOI:

https://doi.org/10.46772/kontekstual.v3i02.656

Keywords:

pendidikan, karakter, adaptasi teknologi

Abstract

Program Kampus Mengajar Angkatan 1 merupakan bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan salah satu bentuk asistensi mengajar untuk membantu proses belajar dan memberdayakan mahasiswa di sekolah. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan penguatan literasi dan numerasi dalam pembelajaran di daerah 3T. Ruang lingkup yang mencakup adalah mata pelajaran berfokus literasi dan numerasi, teknologi serta administrasi guru dan sekolah. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah observasi dan dokumentasi. Dengan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Program ini diharapkan dapat meningkatkan jiwa kepemimpinan, karakter, pengalaman belajar dan memahami kondisi sosial bagi masyarakat Indonesia. Program kampus mengajar angkatan I di SD Negeri Procot 04 dapat dikatakan berjalan dengan lancar dan baik.

References

M. Siahaan, “Dampak pandemi covid-19 terhadap dunia pendidikan,” J. Kaji. Ilm., vol. 1, no. 1, pp. 73–80, 2020, [Online]. Available: https://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/JKI/article/view/265.

A. N. Fadlilah, D. T. Setiyoko, and B. A. Pranoto, “Makna pembelajaran daring selama pandemi covid-19 bagi peserta didik yang tidak memiliki smartphone,” J. Ilm. Kontekst., vol. 3, no. 01, pp. 51–59, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/497.

R. N. Anwar, “Pelaksanaan kampus mengajar angkatan 1 program merdeka belajar kampus merdeka di sekolah dasar,” J. Pendidik. Dan Kewirausahaan, vol. 9, no. 1, pp. 210–219, 2021, [Online]. Available: https://journalstkippgrisitubondo.ac.id/index.php/PKWU/article/view/221.

R. A. Hamzah, “Pelaksanaan kampus mengajar angkatan I program merdeka belajar kemdikbud di sekolah dasar,” Dedikasi, vol. 1, no. 2, pp. 1–8, 2021, [Online]. Available: http://jurnalstkipmelawi.ac.id/index.php/JDPM/article/view/339.

L. Nurpratiwiningsih, “Pembelajaran google classroom bagi mahasiswa,” J. Rev. Pendidik. Dasar J. Kaji. Pendidik. dan Has. Penelit., vol. 7, no. 2, pp. 105–109, 2021, [Online]. Available: https://journal.unesa.ac.id/index.php/PD/article/view/13225.

K. Fatonah, A. Alfian, and S. Lestari, “Implementasi program kampus mengajar di sekolah dasar swasta Nurani Jakarta,” J. Sekol., vol. 5, no. 4, pp. 194–205, 2021.

A. D. Nurhasanah and H. Nopianti, “Peran mahasiswa program kampus mengajar dalam meningkatkan kompetensi SDN 48 Bengkulu Tengah,” in SNPKM: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 2021, pp. 166–173, [Online]. Available: http://journal.unilak.ac.id/index.php/SNPKM/article/view/8066.

R. E. Pratama and S. Mulyati, “Pembelajaran daring dan luring pada masa pandemi covid-19,” Gagasan Pendidik. Indones., vol. 1, no. 2, pp. 49–59, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/GAGASAN/article/view/9405.

T. I. Fauzi, N. P. Astuti, and D. N. U. Rahmawati, “Program kampus mengajar (PKM) sebagai usaha peningkatan pembelajaran peserta didik di SDN 127 Sungai Arang, Bungo Dani, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi,” J. BUDIMAS, vol. 03, no. 02, pp. 483–490, 2021, [Online]. Available: http://www.jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/3406.

Downloads

Published

2022-03-24

How to Cite

Dwi Cahya, O., Dias Mumpuni, S., & Apriatama, D. (2022). Implementasi Kampus Mengajar Angkatan I di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 3(02), 93–99. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v3i02.656

Issue

Section

Articles