Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Teman Sebaya Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Erni Ernilah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes
  • Moh. Toharudin Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes
  • Farhan Saefudin Wahid Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes

DOI:

https://doi.org/10.46772/kontekstual.v3i02.665

Keywords:

Keluarga, Teman Sebaya, Kecerdasan Emosional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap kecerdasan emosional siswa SD kelas V dan untuk mengetahui pengaruh teman sebaya terhadap kecerdasan emosional siswa SD kelas V. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasi. Teknik pengumpulan data untuk lingkungan keluarga dan teman sebaya berupa kuesioner dengan alat yang digunakan adalah skala likert. Jumlah populasi pada penelitian ini adalah 22 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh dengan jumlah 22 siswa pada kelas V.  Penelitian ini dianalisis menggunakan uji t. Adapun hasil yang diperoleh yaitu (1) Lingkungan keluarga dari hasil uji t menggunakan program SPSS 16, hasil perhitungan tersebut diketahui bahwa nilai signifikansinya 0,000 < 0,05, jika nilai signifikansinya < 0,05 maka dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh antara variabel bebas dan variabel terikat secara parsial yang berarti Ha diterima dan HO ditolak yang berarti variabel lingkungan keluarga terhadap kecerdasan emosional terdapat pengaruh  (2) Pada hasil teman sebaya melalui uji t dengan program SPSS 16 diperoleh bahwa nilai signifikansinya 0,000 < 0,05, jika nilai signifikansinya < 0,05 maka dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh antara variabel bebas dan variabel terikat secara parsial yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Jadi variabel teman sebaya terhadap kecerdasan emosional terdapat pengaruh. Kesimpulan pada penelitian ini  yaitu terdapat pengaruh lingkungan keluarga dan teman sebaya terhadap kecerdasan emosional.

References

S. A. Samosir, B. W. Adi, and S. Sunarto, “Pengaruh cara belajar, kecerdasan emosional dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar kognitif mata pelajaran administrasi umum pada siswa kelas x smk kristen 1 Surakarta,” J. Pendidik. Bisnis Dan Ekon., vol. 4, no. 1, pp. 1–14, 2018, [Online]. Available: https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn/article/view/11974/8538.

F. S. Wahid, D. T. Setiyoko, S. B. Riono, and A. A. Saputra, “Pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa,” Syntax Lit. ; J. Ilm. Indones., vol. 5, no. 8, pp. 555–564, 2020, [Online]. Available: https://www.jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/1526.

C. Purwaningsih and A. Syamsudin, “Pengaruh perhatian orang tua, budaya sekolah, dan teman sebaya terhadap karakter religius anak,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 6, no. 4, pp. 2439–2452, 2022, [Online]. Available: http://jurnal.umitra.ac.id/index.php/JIKSI/article/view/820/694.

N. Novariana, N. M. Rukmana, and A. Supratman, “Hubungan teman sebaya terhadap perilaku merokok pada siswa SMP Negeri di Kabupaten Way Kanan,” J. Ilmu Kesehat. Indones., vol. 3, no. 1, pp. 39–44, 2022, [Online]. Available: http://jurnal.umitra.ac.id/index.php/JIKSI/article/view/820/694.

Nurul Fadhilah and A. M. A. Mukhlis, “Hubungan lingkungan keluarga, interaksi teman sebaya dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa,” J. Pendidik., vol. 22, no. 1, pp. 16–34, 2021, [Online]. Available: https://jurnal.ut.ac.id/index.php/jp/article/view/940.

S. Ghorbal and S. Lestari, “Pengaruh kecerdasan emosi, prasangka, dan kualitas pertemanan terhadap sikap toleransi siswa pada sekolah berbasis agama,” J. Penelit. Pendidik. Islam, vol. 9, no. 2, pp. 186–198, 2021, [Online]. Available: https://riset-iaid.net/index.php/jppi/article/view/765.

F. A. Lestari, H. H. Sagala, and W. Nurrohman, “Literature review : pengaruh kecerdasan emosional terhadap akhlak siswa,” Edu Soc. J. Pendidikan, Ilmu Sos. dan Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 3, pp. 392–399, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.permapendis-sumut.org/index.php/edusociety/article/view/150.

V. A. Hadian, D. A. Maulida, and A. Faiz, “Peran lingkungan keluarga dalampembentukan karakter,” J. Educ. Dev. Inst. Pendidik. Tapanuli Selatan, vol. 10, no. 1, pp. 240–246, 2022, [Online]. Available: http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3365.

I. Rakhmawati, “Peran keluarga dalam pengasuhan anak,” J. Bimbing. Konseling Islam, vol. 6, no. 1, pp. 1–18, 2015, [Online]. Available: https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/konseling/article/view/1037.

A. Siti Anisah, S. Katmajaya, and W. L. Zakiyyah, “Pengaruh kecerdasan emosional terhadap sikap sosial pada siswa sekolah dasar,” J. Pendidik. UNIGA, vol. 15, no. 1, pp. 434–443, 2021, [Online]. Available: https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/1178.

Downloads

Published

2022-03-24

How to Cite

Ernilah, E., Toharudin, M., & Saefudin Wahid, F. (2022). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Teman Sebaya Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 3(02), 158–166. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v3i02.665

Issue

Section

Articles