Strategi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar

Authors

  • Muh Luqman Arifin Universitas Peradaban
  • Eha Pitriyanita Universitas Peradaban

DOI:

https://doi.org/10.46772/kontekstual.v4i01.761

Keywords:

strategi, pendidikan karakter, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena karakter siswa di Sekolah Dasar Negeri Gunungsugih 02 yang bersikap sopan, ramah, dan tanggap. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi pendidikan karakter di dalam pembelajaran tematik tema 8 di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gunungsugih 02. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi (semi struktural), wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pendidikan karakter dilakukan melalui keteladanan, penanaman disiplin, pembiasaan, menciptakan suasana yang kondusif, serta integrasi dan internalisasi.

References

N. Ainiyah, “Pembentukan karakter melalui pendidikan agama Islam,” J. Al-Ulum, vol. 13, no. 1, pp. 25–38, 2013, [Online]. Available: https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/au/article/view/179.

T. K. L. P. Nucci and E. D. Narváez, Handbook of Moral and Character Education. New York: Routledge, 2014.

D. Kesuma, C. Triatna, and J. Permana, “Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah,” Remaja Posdakarya. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2011.

M. Samami and H. Hariyanto, Konsep dan Model Pendidikan Karekter. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

T. D. E and K. D. Peterson, Shaping School Culture: Pitfalls, Paradoxes, and Promises. San Francisco: Jossey-Bass, 2010.

E. R. Hollins, Culture in school learning revealing the deep meaning. New York: Routledge, 2015.

Y. Citra, “Pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran,” J. Ilm. Pendidik. Khusus, vol. 1, no. 1, pp. 237–249, 2012, [Online]. Available: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/795.

M. A. T. Islami, R. S. Sundari, and Z. Arifin, “Implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran tematik di kelas IV SD Negeri 01 Purworejo Sragi Pekalongan,” in Seminar Pendidikan Nasional (SENDIKA), 2019, pp. 149–156, [Online]. Available: http://conference.upgris.ac.id/index.php/sendika/article/view/368.

W. A. Putra, R. D. A. Candra, and F. Sayyinah, “Hubungan pembiasaan kedisiplinan terhadap karakater religius pada anak usia 5-6 tahun,” Educ. J. J. Educ. Res. Dev., vol. 6, no. 1, pp. 79–88, 2022, [Online]. Available: http://jurnal.unipar.ac.id/index.php/ej/article/view/645.

M. Cucu, R. Hidayatullah, and M. Luthfi, “Pembentukan karakter disipilin siswa dalam beribadah melalui pembiasaan Shalat Dhuha di Madrasah Tsanawiyah Al-Khairiyah Pipitan,” Geneologi PAI J. Pendidik. Agama Islam, vol. 6, no. 2, pp. 126–131, 2019, [Online]. Available: http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/geneologi/article/view/2336.

A. Harahap, “Implementasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran tematik kelas III SDIT Darul Hasan Padangsidimpuan,” Child. Educ. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 1, no. 1, pp. 23–40, 2020, [Online]. Available: http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ/article/view/3622.

J. Jumiati, “Implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran tematik di kelas IV SD Negeri 24 Betung Kabupaten Banyuasin,” in Prosiding Seminar Nasional 21 Universitas PGRI Palembang, 2018, pp. 559–565, [Online]. Available: https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/1877.

Downloads

Published

2022-08-31

How to Cite

Arifin, M. L., & Pitriyanita, E. (2022). Strategi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(01), 28–35. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v4i01.761

Issue

Section

Articles