Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar

Authors

  • Johar Alimuddin STKIP Majenang

DOI:

https://doi.org/10.46772/kontekstual.v4i02.995

Keywords:

kurikulum merdeka, sekolah dasar, profil pelajar pancasila

Abstract

Implementasi kurikulum merdeka sudah dilaksanakan di sekolah-sekolah di Indonesia pada tahun ajaran 2022/2023. Bagaimana implementasinya di sekolah, hambatan apa yang dihadapi dan cara sekolah mengatasi hambatan menarik untuk dikaji. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu SD Negeri Sindangsari 02 sudah mengimplementasikan kurikulum merdeka dalam hal asesemen diagnostik kognitif, pembuatan modul ajar, dan pelaksanaan pembelajaran IPAS. Praktik Penguatan Profil Pelajar Pancasila belum dilaksanakan tetapi melaksanakan kegiatan yang menyerupai kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yaitu kegiatan Isi Piringku. Hambatan yang dialami yaitu baru ada kepala sekolah definitif pada bulan oktober 2022 dan kurangnya pemahaman guru tentang kurikulum merdeka karena kurangnya pelatihan secara luring. Hambatan yang muncul berusaha di atasi dengan mencari informasi di internet atau platform digital yang disediakan kementerian pendidikan serta bertanya kepada rekan guru yang lebih kompeten.

References

Y. Anggraena et al., Kajian Akademik Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, 2021.

O. Hamalik, Managemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Rosdakarya, 2017.

Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. 2022.

D. Rahmadayanti and A. Hartoyo, “Potret kurikulum merdeka, wujud merdeka belajar di sekolah dasar,” J. Basicedu, vol. 6, no. 4, pp. 2247–2255, 2022, [Online]. Available: https://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/3431.

S. W. Nasution, “Assesment kurikulum merdeka belajar di sekolah dasar,” in Prosding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 2021, vol. 1, no. 1, pp. 135–142, doi: 10.34007/ppd.v1i1.181.

Y. Anggraena et al., Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Jakarta, 2022.

N. Fauziyah, “Dampak covid-19 terhadap efektivitas pembelajaran daring pendidikan Islam,” J. Al-Mau’izhoh, vol. 2, no. 2, pp. 1–11, 2020, [Online]. Available: https://www.jurnal.unma.ac.id/index.php/am/article/view/2294.

A. T. Daga, “Makna merdeka belajar dan penguatan peran guru di sekolah dasar,” J. Educ. FKIP UNMA, vol. 7, no. 3, pp. 1075–1090, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/1279.

M. Mustofa and P. Mariati, “Implementasi kurikulum merdeka belajar di sekolah dasar: dari teori ke praktis,” Indones. Berdaya, vol. 4, no. 1, pp. 13–18, 2022, [Online]. Available: https://www.ukinstitute.org/journals/ib/article/view/371.

S. Ineu, M. Teni, H. Yadi, H. H. Asep, and P. Prihantini, “Analisis implementasi kurikulum merdeka belajar di sekolah penggerak,” J. basicedu, vol. 6, no. 5, pp. 8248–8258, 2022, doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216.

A. Angga and S. Iskandar, “Kepemimpinan kepala sekolah dalam mewujudkan merdeka belajar di sekolah dasar,” J. Basicedu, vol. 6, no. 3, pp. 5295–5301, 2022, [Online]. Available: https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/2918.

A. R. Hamdani and A. Priatna, “Efektifitas implementasi pembelajaran daring (full online) dimasa pandemi covid-19 pada jenjang sekolah dasar di Kabupaten Subang,” Didakt. J. Ilm. PGSD STKIP Subang, vol. 6, no. 1, pp. 1–9, 2020, [Online]. Available: http://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/120.

N. A. Wiyani, “Merdeka belajar untuk menumbuhkan kearifan lokal berbasis nilai Pancasila pada lembaga paud,” Antrosen J. Soc. Stud. Hum., vol. 1, no. 2, pp. 63–74, 2022, [Online]. Available: https://senmaster.ut.ac.id/index.php/antroposen/article/view/3782.

Downloads

Published

2023-03-16

How to Cite

Alimuddin, J. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(02), 67–75. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v4i02.995

Issue

Section

Articles