STATUS GIZI DAN POLA KONSUMSI MAKANAN ANAK USIA SEKOLAH (7-12 TAHUN) DI DESA KARANGSEMBUNG

Authors

  • Diah Ratnasari Prodi Ilmu Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes
  • Lupi Purniasih Prodi Ilmu Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes

DOI:

https://doi.org/10.46772/jigk.v1i01.102

Keywords:

Status Gizi, Pola Konsumsi, Anak Sekolah Dasar

Abstract

Masukan gizi yang tepat, baik dalam jumlah maupun jenisnya berpengaruh terhadap proses tumbuh. Usia, berat badan dan tinggi badan mempengaruhi angka kecukupan gizi. Status gizi digunakan untuk mengetahui kebutuhan gizi anak berdasarkan usianya Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui status gizi dan pola konsumsi anak usia sekolah (7-12 tahun) di Desa Karangsembung Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes. Sample yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 91 siswa berdasarkan antopometri dan pola hidup. Status gizi anak sekolah ditentukan menurut IMT/Umur. Prevalensi gizi lebih pada anak usia sekolah (7-12 tahun) di Desa Karangsembung sebesar 8,8% dan kurus 5,5% dan 76,7 normal. Prevalensi gizi lebih pada siswa perempuan 11,9% dan pada siswa laki-laki 6,1%. Siswa yang memiliki jamban 58,8%, cuci tangan sebelum makan 63,7%, siswa yang memiliki pola makan frekuensi makan sehari lebih dari 3 kali 59,3%, sarapan pagi 64,8%, biasa makan camilan 74,7%, biasa makan sayur 77,0%, biasa makan buah 57,1% biasa makan lauk 88,0%, dan biasa minum susu 71,4%. Prevalensi gizi lebih (gemuk dan obese pada anak sekolah di Desa Karangsembung cukup tinggi sementara kejadian gizi kurang rendah dan prevalensi gizi lebih pada anak perempuan lebih tinggi dibanding anak laki-laki. Selain itu pola konsumsi anak sudah baik dilihat dari frekuensi dan unsur gizi makanan yang dikonsumsi

Downloads

Published

2019-08-29

How to Cite

Diah Ratnasari, & Lupi Purniasih. (2019). STATUS GIZI DAN POLA KONSUMSI MAKANAN ANAK USIA SEKOLAH (7-12 TAHUN) DI DESA KARANGSEMBUNG . Jurnal Ilmiah Gizi Kesehatan (JIGK), 1(01), 34–41. https://doi.org/10.46772/jigk.v1i01.102

Issue

Section

Articles