Pengaruh Pendidikan Gizi Terhadap Pengetahuan dan Sikap tentang Gizi pada Siswa SDN Kedunguter 01 Brebes
DOI:
https://doi.org/10.46772/jigk.v5i1.1316Keywords:
Pendidikan gizi, Pengetahuan, SikapAbstract
Usia sekolah (usia 5 sampai 14 tahun), merupakan salah satu masa yang mengalami tumbuh
kembang yang cepat. Pada usia ini aktifitas fisik terus meningkat seperti, bermain, berolahraga atau
membantu orang tua dalam bekerja. Asupan gizi yang baik dari segi kuantitas maupun kualitas
diperlukan agar tumbuh kembang anak dapat optimal. Pendidikan gizi akan meningkatkan pengetahuan
gizi anak dan akan membantu sikap anak yang dapat mempengaruhi kebiasaan anak dalam memilih
makanan dan camilan yang menyehatkan. Pengaruh pendidikan gizi terhadap kesehatan mungkin akan
lebih efektif jika targetnya adalah langsung pada anak usia sekolah dasar. Mengetahui pengaruh
pendidikan gizi terhadap pengetahuan dan sikap tentang gizi pada siswa SDN Kedunguter 01 Brebes.
Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan rancangan Pre dan Post test desain. Populasi
dalam penelitian ini seluruh siswa dan siswi kelas 4 dan 5. Sampel dalam penelitian ini 103 siswa.
Instrumen penelitian ini adalah penyuluhan, Leaflet, alat peraga, kuesioner. Analisis statistik
menggunakan uji paired t-test dengan tingkat pemaknaan p<0,05 diperoleh dari dua variabel yakni
pengetahuan gizi p-value (0,000) dan sikap tentang gizi p- (0,000) yang berarti lebih kecil 0.05 (p-value
< 0,05) maka ada pengaruh. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pendidikan gizi meningkatkan
pengetahuan dan sikap tentang gizi. Ada pengaruh pendidikan gizi terhadap pengetahuan dan sikap
tentang gizi pada siswa SDN Kedunguter 01
Kata kunci : Pendidikan gizi, Pengetahuan, Sikap tentang gizi
References
Nuryanto N, Pramono A, Puruhita N, Muis Sf. Pengaruh Pendidikan Gizi Terhadap
Pengetahuan Dan Sikap Tentang Gizi Anak Sekolah Dasar. Jurnal Gizi Indonesia (The
Indonesian Journal Of Nutrition). 2014;3(1):32-6.
Marisa M, Nuryanto N. Pengaruh Pendidikan Gizi Melalui Komik Gizi Seimbang
Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Pada Siswa Sdn Bendungan Di Semarang (Doctoral
Dissertation, Diponegoro University). 2014
Department Of Health, Human Services, Washington, Dc., Healthy People 2010 (Group),
United States Government Printing Office. Healthy People 2010: Understanding And
Improving Health. Us Department Of Health And Human Services; 2000.
Sinaga T. Ilmu Gizi Teori & Aplikasi. Jakarta: EGC; 2016.
Irnani H, Sinaga T. Pengaruh Pendidikan Gizi Terhadap Pengetahuan, Praktik Gizi
Seimbang Dan Status Gizi Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Gizi Indonesia (The
Indonesian Journal Of Nutrition). 2017 Dec;6(1):58-64.
Maslakah N, Setiyaningrum Z. Pengaruh Pendidikan Media Flashcard Terhadap
Pengetahuan Anak Tentang Pedoman Umum Gizi Seimbang Di Sd Muhammadiyah 21
Baluwarti Surakarta. Jurnal kesehatan. 2017 Dec 20;10(1):9-16.
Judarwanto W. Antisipasi Perilaku Makan Anak Sekolah. Institusi Pertanian Bogor. 2006.
Aulia, N. R. (2021). Peran Pengetahuan Gizi Terhadap Asupan Energi, Status Gizi Dan
Sikap Tentang Gizi Remaja. Jurnal Ilmiah Gizi dan Kesehatan (JIGK), 2(02), 31-35.
Nugroho A. Pengaruh media pendidikan gizi (komik) terhadap peningkatan pengetahuan
dan perubahan berat badan pada anak sekolah dasar dengan obesitas. Jurnal Kesehatan.
May 25;9(1):57-63.
Notoatmodjo .Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta 2012
Prameswari GN. Promosi gizi terhadap sikap gemar makan ikan pada anak usia sekolah.
JHE (Journal of Health Education). 2018 Sep 19;3(1):1-6.
Kurdanti W, Khasana TM, Fatimah AS. Pengaruh Media Promosi Gizi terhadap
Peningkatan Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Gizi pada Siswa Sekolah Dasar. Gizi
Indonesia. 2019 Oct 30;42(2):61-70.