Analisis Pengaruh Parkir Kendaraan dan Pedestrian pada Ruas Jalan terhadap Karakteristik Lalu Lintas (Studi Kasus Ruas Jalan Gajah Mada Brebes)
DOI:
https://doi.org/10.46772/ibj.v2i2.1360Keywords:
karakteristik lalu lintas, volume lalu lintas, pedestrian, perparkiranAbstract
Parkir di ruas jalan sangat mengganggu kelancaran lalu lintas, maka pentingnya mengatur perparkiran sebagai bagian terpadu dalam mengelola lalu lintas perkotaan, untuk mencegah atau menghilangkan hambatan lalu lintas dan menciptakan mekanisme pengguna jalan secara efektif dan efisien. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh parkir kendaraan dan pedestrian pada ruas jalan terhadap karakteristik lalu lintas pada Jalan Gajah Mada Kabupaten Brebes. Pengambilan data ini dilakukan selama 3 hari, yaitu pada hari Sabtu dan Minggu mewakili hari libur, hari senin mewakili hari sibuk dengan jumlah surveyor 6 orang dari jam 07.00 sampai 18.00 WIB. Segmen dibagi 2, dimana kendaraan yang diambil hanyalah kendaraan ringan dan kendaraan berat. Setelah data semua didapat kemudian dianalisis. Hasil pengamatan yang dilakukan di lokasi studi, selanjutnya diolah dan dianalisis sesuai rumusan masalah dalam penelitian, yaitu analisis karakteristik parkir kendaraan, yaitu volume lalu lintas dan kapasitas jalan. Lokasi Jalan Gajah Mada No. 93 Brebes (depan Pasar Limbangan dan Toko Sari Mulya) terjadi pengurangan kapasitas yang mengakibatkan kemacetan di ruas jalan akibat parkir di pinggir jalan khususnya depan Sari Mulya. Hasil analisis seharusnya tidak ada lagi parkir dipinggir jalan, dikarenakan sudah tersedianya lahan parkir yang disediakan oleh pengelola setempat.