Analisis Tingkat Kerusakan pada Jalan Pagerbarang – Margasari Kabupaten Tegal

Authors

  • Alwi Nur Fajar Universitas Muhadi Setiabudi
  • Abdul Khamid Universitas Muhadi Setiabudi
  • Wahudin Diantoro Universitas Muhadi Setiabudi
  • Dwi Denny Apriliano Universitas Muhadi Setiabudi
  • Muhamad Yunus Universitas Muhadi Setiabudi

DOI:

https://doi.org/10.46772/ibj.v2i2.1365

Keywords:

kerusakan jalan, jenis kerusakan, metode bina marga

Abstract

Jalan merupakan salah satu prasarana perhubungan darat yang mempunyai peranan penting untuk menunjang kegiatan perekonomian dan kegiatan sosial. Namun jika terjadi kerusakan jalan akan berakibat terganggunya kegiatan ekonomi dan sosial serta dapat menimbulkan kecelakaan bagi pengguna jalan. Penelitian ini bertempat di jalan Pagerbarang – Margasari Kabupaten Tegal pada STA 0+0.00 – STA 1+1100. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kerusakan, faktor penyebab, jumlah kerusakan jalan dan Alternatif perbaikan pada ruas jalan Pagerbarang – Margasari Kabupaten Tegal, Penelitian ini menggunakan Metode Bina Marga. Jenis kerusakan yang terjadi ada 7 macam yaitu kerusakan retak dan lubang (90 m2), kerusakan ambles (176 m2), kerusakan retak memanjang (90 m2), kerusakan retak pinggir (82,5 m2), kerusakan retak blok (48,4 m2), kerusakan pelapukan (40 m2), kerusakan retak kulit buaya (42 m2).Total kerusakan seluas 568,9 m2 atau 10,34% dari luas total 5500 m2. Kerusakan yang paling dominan adalah jenis kerusakan Ambles 30,94% dan kerusakan lobang 15,82%, dari total luas kerusakan, menyebabkan tidak nyamannya pengendara menggunakan jalan tersebut, hal ini terjadi akibat pengembangan yang terjadi dari jenis kerusakan-kerusakan lain yang tidak segera ditangani, pengaruh cuaca (terutama hujan) yang mempercepat terbentuknya lubang, dan rusak kecil yang terjadi. Perbaikan kerusakan dapat dilakukan dengan memperbaiki sesuai kerusakan yang terjadi, perbaikan yang sesuai adalah tambalan (patching), dan dilapis ulang (overlay) dan selanjutnya dilakukan pemeliharaan rutin.

Downloads

Published

2021-09-30

Issue

Section

Articles