Analisis Pengukuran Kualitas Website Terhadap Kepuasan Pengguna Berdasarkan Webqual 4.0

Main Article Content

Rizky Esa Riyanto
Otong Saeful Bachri

Abstract

Website merupakan pasar online yang berkembang secara pesat dan merubah pola bisnis dengan menggunakan internet sebagai alat komunikasi. Ebill Tour Organizer adalah salah satu perusahaan travel di bidang jasa yang menjadikan Website sebagai salah satu sarana promosi perusahaan. Sebagai salah satu perusahaan travel, perlu dilakukan evaluasi untuk menilai apa yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan dalam mengakses Website tersebut. Untuk menilai kepuasan pelanggan, kualitas dari layanan yang diberikan menjadi fokus utama yang sangat mempengaruhi kepuasan pelanggan. Untuk mengukur kepuasan pelanggan diperlukan metode dan alat ukur yang akurat dan sesuai, sepertiWebQual 4.0. Setelah dilakukan pengujian dari hasil penilaian pengguna Ebill Tour Organizer menggunakan WebQual 4.0, perlu dilakukan analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara signifikan, kualitas Website yang terdiri dari usability, information quality dan service interaction quality mempengaruhi kepuasan pelanggan Ebill Tour Organizer. Terlihat dari hubungan antar variabel bebas memberikan hubungan positif terhadap variabel kepuasan pelanggan.

Article Details

How to Cite
Riyanto, R. E., & Bachri, O. S. (2019). Analisis Pengukuran Kualitas Website Terhadap Kepuasan Pengguna Berdasarkan Webqual 4.0 . Jurnal Ilmiah Intech : Information Technology Journal of UMUS, 1(01), 89–97. https://doi.org/10.46772/intech.v1i01.41
Section
Articles
Author Biographies

Rizky Esa Riyanto, Teknik Informatika STIKOM Poltek Cirebon

 

 

Otong Saeful Bachri, Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Muhadi Setiabudi

 

 

References

Sastika, Widya, 2016, “Analisis Pengaruh Kualitas Website (WebQual 4.0) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Website E-Commerce Traveloka (Studi Kasus: Pengguna Traveloka di Kota Bandung Tahun 20015”, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi 2016 (SENTIKA 2016), Available : https://fti.uajy.ac.id/sentika/publikasi/makalah/2016/10.pdf

Sanjaya, Iman., 2012, “Pengukuran Kualitas Layanan Website Kementrian Kominfo Dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0”, Jurnal Penelitian IPTEK-KOM Volume 14 Nomor 1 Juni, Available : https://s3.amazonaws.com/academia.edu.documents/34210796/1.PENGUKURAN-KUALITAS-LAYANAN-WEBSITE-KEMENTERIAN-KOMINFO-DENGAN-MENGGUNAKAN-METODE-WEBQUAL-4.0.pdf?response-content-disposition=inline%3B%20filename%3DJurnal_Penelitian_IPTEK-KOM_PENGUKURAN_K.pdf&X-Amz-Algorithm=AWS4-HMAC-SHA256&X-Amz-Credential=AKIAIWOWYYGZ2Y53UL3A%2F20190722%2Fus-east-1%2Fs3%2Faws4_request&X-Amz-Date=20190722T071632Z&X-Amz-Expires=3600&X-Amz-SignedHeaders=host&X-Amz-Signature=c72b706bd4e7f3837b4431f2f291158090e1338535c87b63a279fc36f7c455c5

Irawan, Candra., 2012, “Evaluasi Kualitas Website Pemerintah Daerah Dengan Menggunakan Webqual (Studi Kasus Pada Kabupaten Ogan Ilir)”, Jurnal Sistem Informasi (JSI) Volume 4 No 2 Oktober 2012 ISSN: 2085-1588 ISSN Online : 2355 4614¸ Available : https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jsi/article/view/1272/440

Napitupulu, D.B., 2016, “Evaluasi Kualitas Website Universitas XYZ Dengan Pendekatan Webqual”, Buletin Pos dan Telekomunikasi Vol 14 No 1 p:51-64, Available : https://www.online.bpostel.com/index.php/bpostel/article/view/140105/185

Setyawa, H.B., Susilo, T.H., Apritasari, F., 2017, “Pengukuran Kualitas Website Laboratorium Komputer STIKOM Surabaya Menggunakan Metode Webqual 4.0”, JSIKA Volume 6 Nomor 4 ISSN : 2338 137X, Available : http://jurnal.stikom.edu/index.php/jsika/article/view/1768/1208

Arifin, S.R., Nugroho, Eko., Hantono, B.S., 2015, “Analisis Kualitas Layanan Website Universitas Hasanudin Dengan Metode WebQual 4.0 Modifikasi”, Teknomatika Volume 8 Nomor 1 Juli 2015 ISSN : 1979-7656, Available : http://teknomatika.stmikayani.ac.id/wp-content/uploads/2015/11/08.-Suci-Ramadhani-Arifin-Eko-Nugroho-Bimo-Sunarfri-Hantono-Analisis-Kualitas-Layanan-Website-Universitas-Hasanuddin-dengan-Metode-WebQual-4.0-Modifikasi.pdf

Setiyorini, Agustin., 2016, “Analisa Pengukuran Kualitas Layanan Website Fakultas Teknik Universitas Janabadra Menggunakan Metode Webqual”, Jurnal Informasi Interaktif Volume 1 Nomor 1 Mei 2016, Available : http://e-journal.janabadra.ac.id/index.php/informasiinteraktif/article/view/344/252

Hermanto, A., Supangat., Mandita, F., 2017, “Evaluasi Usabilitas Layanan Sistem Informasi Akademik Berdasarkan Kombinasi Servqual dan WebQual”, Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence Volume 3 Nomor 1 April 2017, Available : https://e-journal.unair.ac.id/JISEBI/article/view/3607/2789

Monalisa, Siti., 2016, “Analisis Kualitas Layanan Website Terhadap Kepausan Mahasiswa dengan Penerapan Metode WebQual (Studi Kasus : UIN Suska Riau)”, Jurnal Sains, Teknologi dan Industri Volume 13 Nomor 2 Juni, Available : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/sitekin/article/download/1604/1412

Hadi, A.P., Sulistyowati, Santoso, R., 2017, “Analisis Pengaruh Kualitas Website Terhadap Kepuasan Pengguna Berdasarkan Metode WebQual 4.0 Pada Website Kemahasiswaan Institut Bisnis dan Informatika STIKOM Surabaya”, JSIKA Volume 6 Nomor 7 ISSN : 2338-137X, available : http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=882177&val=5494&title=Analisis%20Pengaruh%20Kualitas%20Website%20Terhadap%20Kepuasan%20Pengguna%20Berdasarkan%20Metode%20WebQual%204.0%20Pada%20Website%20Kemahasiswaan%20Institut%20Bisnis%20Dan%20Informatika%20Stikom%20Surabaya