Pemilihan Produk Skincare Remaja Milenial Dengan Metode Simple Additive Weighting (Saw)

Main Article Content

Dentaruni Cahya Purnomo
Muntri Yanti
Adhika Pramita Widyassari

Abstract

Produk perawatan kulit belakanan ini menjadi barang wajib yang harus  dimiliki remaja. Saat ini berbagai macam produk perawatan memiliki banyak sekali jenis dan manfaat yang ditawarkan namun kebanyakan remaja masih memiliki anggaran yang terbatas tapi mereka masih menginginkan produk perawatan yang memberikan manfaat sesuai kebutuhan remaja. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk meneyelesaikan masalah  pemilihan produk skincare  adalah sistem pendukung keputusan. SAW (Simple Additive Weighting) merupakan salah satu metode dalam sistem pendukung keputusan yang konsepnya sederhana namun tetap akurat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan alternatif produk skincare dengan anggaran yang rendah namun memiliki manfaat paling maksimal untuk remaja. Dalam penelitian ini penulis menggunakan 10 data produk untuk dibandingkan sebagai alternative terbaik, kemudian penulis melakukan perhitungan dengan menggunakan Microsoft Excel dan mendapatkan hasil Wardah sebagai alternatif terbaik dengan nilai preferensi 3,7 dan Garnier menempati peringkat kedua dengan nilai preferensi 3,6.

Article Details

How to Cite
Cahya Purnomo, D. ., Yanti, M. ., & Pramita Widyassari, A. (2021). Pemilihan Produk Skincare Remaja Milenial Dengan Metode Simple Additive Weighting (Saw). Jurnal Ilmiah Intech : Information Technology Journal of UMUS, 3(01), 32–41. https://doi.org/10.46772/intech.v3i01.415
Section
Articles

References

D. A. Juliarty, “PERILAKU KONSUMSI PRODUK KOSMETIK DI KALANGAN MAHASISWA LAKI-LAKI UNSOED,” Interaksi, vol. 3, pp. 58–59, 2019.

A. Sinulingga, Emia Harinda. Budiastuti, Asih. Widodo, “EFEKTIVITAS MADU DALAM FORMULASI PELEMBAP PADA KULIT KERING,” J. Kedokt. DIPONEGORO, vol. 7, pp. 146–157, 2018.

E. Sari, Nining Riana. Setyowati, “PENGARUH MASKER JAGUNG DAN MINYAK ZAITUN TERHADAP PERAWATAN KULIT WAJAH,” J. Beauty Beauty Heal. Educ., vol. 3, pp. 1–7, 2014.

J. R. Batubara, “Adolescent Development (Perkembangan Remaja),” Sari Pediatr., vol. 12, pp. 21–29, 2010.

A. Al Arkakm, Rizalul. Novianda. Haviz, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Pilihan Handphone Terbaik dengan Simple Adaptive Weighting Method,” SENARIS, vol. 2, pp. 178–186, 2020.

E. sulistiawati Syabaniah, Rifa Nurafifah. Riyanto, Andi. Marsusanti, “PEMILIHAN KRIM WAJAH TERBAIK YANG MENGANDUNG CERAMIDE MENGGUNAKAN METODE TOPSIS,” SINTECH J., vol. 3 No 2, pp. 100–110, 2020.

Sunarti, “Perbandingan Metode TOPSIS dan SAW Untuk Pemilihan Rumah Tinggal,” J. Inf. Syst., pp. 69–79, 2018.

A. Firmansyah, F. Ramadhani, and E. Fauzan, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Status Karyawan Menggunakan Metode Naïve Bayes,” vol. 2, no. 02, 2020.

N. Dicky, Konsep Data Mining Vs Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA, 2014.

N. S. Sukmadinata, “Metode Penelitian Pendidikan,” Remaja Rosdakarya, 2009.

A. Sudrajat, “Metode Penelitian Pendidikan,” Tentang Pendidikan, 2010.