Klasifikasi Data Mining untuk Prediksi Potensi Nasabah dalam Membuat Deposito Berjangka

Main Article Content

Nia Nuraeni

Abstract

Produk atau pelayanan yang dimiliki oleh sebuah Bank sering ditawarkan kepada para nasabah nya dengan cara menawarkan produk atau pelayanan kepada nasabah secara langsung yakni dengan cara menelpon setiap nasabah yang hendak ditawarkan produk dan pelayanannya. Proses penawaran seperti ini biasa disebut pemasaran langsung. Pada proses nya proses pemasaran seperti itu menjadi tidak efektif dan efisien karna pihak Bank menghubungi satu persatu nasabah baik yang memiliki potensi maupun tidak terhadap produk yang ditawarkan. Salah satu produk yang sering ditawarkan adalah pembukaan deposito berjangka, deposito berjangka merupakan deposito yang diterbitkan menurut jangka waktu tertentu sehingga penarikannya hanya bisa dilakukan sesuai dengan perjanjian antara nasabah dan Bank. Untuk dapat memprediksi nasabah mana yang memiliki potensi untuk membuka deposito berjangka maka digunakan pengolahan data mining algoritma klasifikasi yaitu Decision Tree, Naïve Bayes dan k-Nearest Neighbor. Penelitian ini membandingkan ketiga algoritma klasifikasi tersebut untuk memillih algoritma mana yang memiliki tingkat akurasi tertinggi dalam memprediksi potensi nasabah untuk membuka deposito berjangka, hasilnya Decision Tree menjadi algoritma klasifikasi terbaik dengan nilai akurasi 91.26% dibandingkan dengan Naïve Bayes 86.96% dan k-Nearest Neighbor sebesar 90.39%.

Article Details

How to Cite
Nuraeni, N. . (2021). Klasifikasi Data Mining untuk Prediksi Potensi Nasabah dalam Membuat Deposito Berjangka. Jurnal Ilmiah Intech : Information Technology Journal of UMUS, 3(01), 65–75. https://doi.org/10.46772/intech.v3i01.418
Section
Articles

References

“KBBI.” .

Kasmir, Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. PT. Raja Grafindo Persada, 2015.

A. Rahmawati, I. Yulianti, Y. Yuliani, N. Nurhadianto, and H. B. Novitasari, “Analisis Algoritma KNN Berbasis Feature Selection untuk Memprediksi Nasabah Pengguna Deposito Melalui Pemasaran Langsung,” Swabumi, vol. 8, no. 1, pp. 29–36, 2020.

T. Parlar and S. K. Acaravci, “Using Data Mining Techniques for Detecting the Important Features of the Bank Direct Marketing Data,” Int. J. Econ. Financ. Issues, vol. 7, no. 2, pp. 692–696, 2017.

A. D. R. Prabowo and M. Muljono, “Prediksi Nasabah Yang Berpotensi Membuka Simpanan Deposito Menggunakan Naive Bayes Berbasis Particle Swarm Optimization,” Techno.Com, vol. 17, no. 2, pp. 208–219, 2018.

B. Umum et al., “Abstrak,” vol. 19, no. September, pp. 317–326, 2020.

W. Darmawan, “Komparasi Metode Data Mining Dalam Memprediksi Nasabah Bank yang akan Memilih Tabungan Deposito Menggunakan Algoritma Klasifikasi,” IC-Tech, vol. XIII, no. 1, pp. 49–55, 2018.

Y. Mardi, “Data Mining : Klasifikasi Menggunakan Algoritma C4.5,” J. Edik Inform., vol. 2, no. 2, pp. 213–219, 2017.

Z. Ge, Z. Song, S. X. Ding, and B. Huang, “Data Mining and Analytics in the Process Industry: The Role of Machine Learning,” IEEE Access, vol. 5, pp. 20590–20616, 2017.

F. Gorunescu, Data Mining: Concept, Models and Techniques. Springer, 2011.

P. Moro, S. Cortez, P. Rita, “A Data-Driven Approach to Predict the Success of Bank Telemarketing,” Decis. Support Syst., no. 62, pp. 22–31.

B. A. B. Ii, “Data Mining Data mining,” Min. Massive Datasets, vol. 2, no. January 2013, pp. 5–20, 2005.

M. Bramer, Principles of Data Mining. London: Springer, 2020.

M. Ramadhan and W. Hadikristanto, “Analisis Tingkat Pembelian Konsumen dengan Algoritma Apriori,” vol. 2, no. 02, 2020.