Implementasi Proxy Server Sebagai Content Filtering Menggunakan Linux Debian Buster Studi Kasus Smk Al Muhammad Cepu

Main Article Content

Riski Nur Arrahman
Adhika Pramita Widyassari

Abstract

SMK Al Muhammad Cepu telah menerapkan teknologi internet dan jaringan komputer. Jumlah siswa saat ini adalah 78 siswa dan 2 orang guru atau SysAdmin yang bertanggung jawab atas sistem jaringan Laboratorium Komputer di SMK Al Muhammad Cepu. Topologi yang digunakan adalah tipe starbus dengan 1 unit komputer server dan 16 client yang terkoneksi dengan layanan internet dari ISP (Internet Service Provider) Axis. Setiap komputer client hanya digunakan oleh 1 siswa dan komputer server digunakan oleh seorang guru atau SysAdmin. Sistem jaringan komputer dan internet SMK Al Muhammad Cepu saat ini belum menerapkan content filtering terutama untuk materi negatif dan website. Website konten negatif yang sering dikunjungi siswa SMK Al Muhammad Cepu adalah situs porno yang belum diblokir oleh penyedia layanan jaringan atau ISP (Internet Service Provider). Untuk mencegah hal tersebut diperlukan suatu sistem penyaringan materi dan website negatif dari internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan proxy server sebagai content filtering menggunakan Linux Debian Buster. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer berupa daftar website negatif dan kata negatif dari internet dan topologi jaringan SMK Al Muhammad Cepu yang telah mendapatkan izin dari pihak sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Network Development Life Cycle (NDLC). Tahapan metode NDLC adalah sebagai berikut: Analisis, Perancangan, Simulasi Prototipe, Implementasi, Monitoring, dan Manajemen. Melalui analisis deskriptif pengujian fungsional, sistem server proxy yang diimplementasikan memperoleh tingkat kelayakan 100%, yang membuktikan bahwa sistem server proxy tersebut cocok untuk penggunaan umum.


Kata kunci— proxy server, linux, debian, squid, internet

Article Details

How to Cite
Nur Arrahman, R. ., & Widyassari, A. P. (2022). Implementasi Proxy Server Sebagai Content Filtering Menggunakan Linux Debian Buster: Studi Kasus Smk Al Muhammad Cepu. Jurnal Ilmiah Intech : Information Technology Journal of UMUS, 4(01), 76–86. https://doi.org/10.46772/intech.v4i01.677
Section
Articles

References

Armanto. 2017. Implementasi Blocking Situs Di Router Mikrotik RB 2011 Dengan Menggunakan Web Proxy Studi Kasus STIE – Musi Rawas Lubuklinggau. Jurnal Mantik Penusa, 1, pp. 22 – 25. ISSN: 2580-9741.

Firmansyah, Purnama, R.A. (2019). Filtering Domain Name Server (DNS) untuk Membangun Internet Sehat Menggunakan Routerboard Mikrotik, 7, pp. 43 – 48. ISSN: 2086-9398.

Forouzan, A., B. 2012. Computer Network A Top Down Approach. McGraw Hill. USA.

Lurio & Lestariningati, S.I. (2013). Perancangan dan Implementasi Proxy Server untuk Filtering Berdasarkan Alamat Situs dan Alamat IP. Jurnal Teknik Komputer Unikom,Vol 2, No 2, pp. 25-31.

Luthfianza, M., & Febriawan, D. (2022). Analisa Perbandingan Web Proxy Sebagai Filtering Antara Mikrotik dan Suid Berdasarkan Hit Ratio dan Byte Hit Ratio. JUTIKOM : Jurnal Teknik Informatika Dan Komputer, 1(1), 1–7.

Mualim, F. A., Sungkar, M. S., & Harimadi, A. M. (2020). IMPLEMENTASI PROXY SERVER MENGGUNAKAN LINUX UBUNTU SERVER. Jurnal POLEKTRO: Jurnal Power Elektroni, 8(2).

Pratama, E. 2015. Handbook Jaringan Komputer Teori Dan Praktik Berbasiskan Open Source. Penerbit Informatika Bandung.

Rohmiyati, Y., Christiani, L., & Irhandayaningsih, A. (2020). Filter Informasi dalam Proses Penyebaran Informasi pada Pengguna Facebook Kategori Usia Remaja di Kota Yogyakarta. Anuva, 4(1), 119–132. https://doi.org/10.14710/anuva.4.1.119-132

Winarno et. all. 2014. Membuat Jaringan Komputer di Windows dan Linux. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Yuisar et. all. 2015. Analisa Pemanfaatan Proxy Server Sebagai Media Filtering Dan Caching Pada Jaringan Komputer. Jurnal Media Infotama, 11, pp. 81 – 90. ISSN: 1858-2680.