Implementasi ESP Terhadap Performa Pembelajaran Mahasiswa Akuntansi
DOI:
https://doi.org/10.46772/jacfin.v1i02.370Keywords:
ESP, pembelajaran, mahasiswa akuntansiAbstract
Penguasaan bahasa inggris karena hampir semua sumber informasi global dalam berbagai aspek bisnis menggunakan bahasa inggris. Peranan english for specific purpose dikalangan pendidikan tinggi akuntansi akan memberikan dampak positif dalam pembelajarannya, terlebih dalam memahami akuntansi, terdapat banyak akun-akun dan istilah dalam penyusunan laporan keuangan yang tidak terlepas dari penggunaan bahasa inggris. Untuk mencari suatu pengaruh ESP terhadap performa pembelajaran akuntansi, alat analisis yang kita gunakan adalah analisis regresi. Hasil analisis regresi berupa persamaan regresi yang merupakan fungsi prediksi suatu variabel dengan menggunakan variabel lain. Model regresi linier sederhana merupakan persamaan yang menyatakan hubungan antara satu variabel predictor (X) dan satu variabel respon (Y), yang biasanya digambarkan dalam suatu garis lurus. Hasil penelitian ini menunjukan tingkat kemampuan bahasa inggris mahasiswa akuntansi, berpengaruh terhadap performa pembelajaran akuntansi, dengan implementasi ESP yang baik, mahasiswa akan lebih dapat mengerti akun-akun berbahasa inggris yang terdapat di materi perkuliahan akuntansi dan laporan keuangan perusahaan