Peran Bahasa Inggris Bagi Peningkatan Pemahaman Mahasiswa Akuntansi Tentang Integrated Financial Reporting

Authors

  • Putri Puspita Ayu Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Swadaya Gunung Djati, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46772/jacfin.v1i02.371

Keywords:

kemampuan Bahasa inggris, mahasiswa akuntansi, integrated financial reporting

Abstract

Mahasiswa akuntansi perlu menguasai Bahasa inggris untuk meningkatkan pemahamannya terhadap perkembangan akuntansi khususnya mengenai pelaporan keuangan. Laporan keuangan terintegrasi (Integrated Financial Reporting) seringkali disajikan dalam dua Bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Beberapa stakeholder mengeluhkan pasifnya kemampuan Bahasa Inggris mahasiswa akuntansi. Dilakukan survey pendahuluan tentang pemahaman Bahasa Inggris mahasiswa, dan menunjukkan nilai yang masih rendah. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Metode Pengumpulan Data dalam penelitian ini menggunakan Tes, Wawancara Observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil yang dicapai oleh mahasiswa dari setiap proses tindakan yang dilakukan, yaitu dari tindakan pra siklus (tes awal) hingga tes terakhir. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata kelas terhadap setiap proses, yaitu hasil belajar mahasiswa dalam memahami teks/bacaan Akuntansi berbahasa Inggris

 

 

Author Biography

Putri Puspita Ayu, Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Swadaya Gunung Djati, Indonesia

 

 

Downloads

Published

2021-02-11

How to Cite

Puspita Ayu, P. . (2021). Peran Bahasa Inggris Bagi Peningkatan Pemahaman Mahasiswa Akuntansi Tentang Integrated Financial Reporting. Journal of Accounting and Finance (JACFIN), 3(1), 19–23. https://doi.org/10.46772/jacfin.v1i02.371

Issue

Section

Articles