Penerapan E-commerce dan Digital Marketing untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha UMKM WINSHOP

Authors

  • Anisatun Nur Solikhati Universitas Peradaban
  • Devia Febriyanti Universitas Peradaban
  • Dian Fibrianto Universitas Peradaban
  • Sandi Amaleo Universitas Peradaban
  • Sarah Dien Hawa Universitas Peradaban

DOI:

https://doi.org/10.46772/jamu.v4i01.1215

Keywords:

Bisnis, E-Commerce, Digital Marketing, Daya Saing, UMKM

Abstract

Kegiatan Sistem Pemasaran berbasis E-commerce merupakan salah satu pemanfaatan dari penggunaan digital marketing. Mitra kegiatan pengabdian ini adalah UMKM WINSHOP. Dimana permasalahan mitra dalam mengelola bisnisnya adalah persaingan competitor yang kini semakin ketat, kurangnya promosi penjualan, kurangnya pengetahuan yang luas dan ketrampilan dalam menggunakan E-commerce dan digital marketing untuk memasarakan produknya. Oleh karena itu, tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah peningkatan tentang pemahaman para pelaku UMKM terhadap pentingnya pemasaran digital sebagai salah satu media promosi penjualan yang dapat dilakukan dalam suatu usaha guna untuk meningkatkan laba penjualan serta menjangkau pemasaran yang lebih luas serta meningkatkan daya saing usaha pada UMKM WINSHOP, dan peningkatan kemampuan pelaku UMKM dalam penggunaan teknologi digital marketing. Pelaksanaan kegiatan ini adalah dengan transfer ilmu pengetahuan kepada mitra melalui pelatihan, pendampingan, dan penerapan bisnis E- commerce dengan memberikan pengetahuan dan dasar-dasar Digital Marketing. Hasil evaluasi kegiatan menunjukkan bahwa pelatihan penerapan pemasaran berbasis E-commerce ini diterima dengan sangat baik oleh para peserta UMKM WINSHOP, dan peserta juga sudah sangat baik dalam menggunakan pemasaran berbasis E-commerce dan sosial media.

References

Anisah, G. (2021). Pelatihan Digital Marketing Menggunakan Platform Marketplace Shopee Untuk Kelompok Pemuda Wirausaha di Desa Mulyoagung-Bojonegoro. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1-10.

Hawa, S.D. (2020). Pelatihan Tata Kelola Manajemen Dan Digital Marketin Bagi Kelompok Pengrajin Budi Sangkar. Jurnal Pemberdayaan Ekonomi, 2(1), 21-30.

Hotana, M.S. (2018). Industri E-commerce dalam Menciptakan Pasar yang Kompetitif Berdasarkan Hukum Persaingan Usaha. Jurnal Hukum Bisnis Bonum Commune, 1(1), 28-38.

Jannatin N, Rahmatul & dkk. (2020). Penerapan Digitalmarketing Sebagai Strategi Pemasaran Umkm. Jurnal impact : implementation and action, 2(2), 50-60.

Kepala Bidang Lelang Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara Rusmawati Damarsari. (2021). Wadah UMKM KEMENKEU, Aplikasi Model Satu Paket Kemudahan Sistem Untuk Kesejahteraan Bangsa. www.djkn.kemenkeu.go.id

Khoziyah, S., & Elysa, E. L. (2021). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Followers Online Shop Instagram @Kpopconnection. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 39-50.

Santika, E. F. (2023). Jumlah UMKM di Indonesia Sepanjang 2022, Provinsi Mana Terbanyak?. https://databoks.katadata.co.id/

Sugiarti, Y., Sari, Y., & Arbi, M. H. (2020). Peranan E-commerce Untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Sambal Di Jawa Timur. Kunawula : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 298-310.

Suwarni., Erni., & dkk. (2022). Penerapan System Pemasaran Berbasis E-commerce Pada Produk Batik Tulis Di Desa Balairejo. Jurnal pengabdian masyarakat Indonesia, 2(2), 187-192.

Ulfah., Fadilla & dkk. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Daya Saing Umkm (Studi Keju Lasi). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2795-2805.

Yusuf. (2022). Kenaikan Jumlah UMKM Go Online Jadi Hasil Konkret Pembahasan Transformasi Digital Di KTT G20. www.kominfo.go.id

Downloads

Published

2023-08-29

How to Cite

Solikhati, A. N., Febriyanti, D., Fibrianto, D., Amaleo, S., & Hawa, S. D. (2023). Penerapan E-commerce dan Digital Marketing untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha UMKM WINSHOP. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 4(01), 61–66. https://doi.org/10.46772/jamu.v4i01.1215

Issue

Section

Articles