Pelatihan Pengetikan 5 Jari pada Microsoft Word untuk Persiapan AKM Siswa kelas 5 MI Darussalam Karanganyar Pagerbarang Tegal

Authors

  • Nurul Desy Fitria Rahman Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi
  • Moh. Toharudin Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi

DOI:

https://doi.org/10.46772/jamu.v1i02.553

Keywords:

Pengetikan,, Microsoft Word,, AKM

Abstract

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Ujian Sekolah, Peniadaan Ujian Nasional (UN) dan Ujian Kesetaraan Tahun Pelajaran 2020/2021. Surat Edaran yang diterbitkan pada Februari 2021 ini ditujukan kepada seluruh Gubernur, Bupati dan Walikota di seluruh Indonesia. Adapun ujian yang digunakan tahun ini adalah Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Pelaksanaan AKM juga dilaksanakan oleh SD/MI. Dalam menghadapi AKM maka siswa siswi MI Darussalam Karanganyar harus bisa mengoperasikan Komputer/Laptop  untuk dapat menjawab soal-soal AKM, Karena soal AKM berbasis Online dan siswa siswi MI belum pada bisa menggunakan Laptop/Komputer. Oleh karena itu Mahasiswa mengadakan Pelatihan dan Simulasi kepada siswa siswi kelas 5 MI Darussalam yang akan menghadapi AKM. Tujuan dari pelatihan dan simulasi ini yaitu untuk melatih siswa siswi supaya bisa menggunakan Laptop begitu juga mengetahui Microsoft Word dan cara pengetikan 5 Jari, karena hal ini adalah modal yang paling utama supaya siswa siswi kedepanya bisa mengerjakan soal-soal AKM. Metode yang digunakan yaitu Pelatihan dan Simulasi. Hasil yang dapat diperoleh dari adanya pelatihan ini yaitu siswa siswi dapat mengoperasikan Laptop, Cara Login AKM, Menjawab soal AKM, Mengetik 5 jari dan mengetahui fungsi tombol keyboard dan Toolbar Microsoft Word. Selain itu mendapatkan nilai rasa ingin terus belajar, jujur, semangat, komunikatif, menarik.

References

Aisah, H., Zaqiah, Q. Y., Supiana, A., Islam, U., Sunan, N., & Djati, G. (2021). Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan. 1(2), 128–135.

Ap, K. X., Muhammadiyah, S. M. K., Setyaningsih, L. H., Muhsin, D., & Si, M. (2013). Peningkatan Keterampilan Mengetik Sistem 10 Jari Buta Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Komputer Berbantu Media Typing Master Pada Siswa Kelas X Ap Smk Muhammadiyah 01 Pati. Economic Education Analysis Journal, 3(1), 89–93.

Cahyanovianty, A. D. (2020). Analisis Kemampan Numerasi Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1439–1448.

Pascasarjana, P. (2012). Program pascasarjana. 2012.

Rokhim, D. A., Rahayu, B. N., Alfiah, L. N., Peni, R., Wahyudi, B., Wahyudi, A., Widarti, H. R., & Malang, U. N. (2021). Analisis Kesiapan Peserta Didik Dan Guru Pada Asesmen Nasional ( Asesmen Kompetensi Minimum , Survey Karakter , Dan Survey Lingkungan Belajar ). Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4, 61–71.

Sulastri, T. (2014). Analisis Mengetik Cepat 10 Jari Menggunakan Teknologi Komputer Berbasis Aplikasi Software Rapidtyping. Jurnal LPKIA, 4(2), 13–18.

Wijayanto, M. A., Rizky, M., & Iklil, M. A. (2019). Pelatihan Dasar Komputer Mengoperasikan Microsoft Word Dan Microsoft Excel Di Desa Sumberjati. 127–132.

Yuliandari, R. N., & Hadi, S. (2020). Implikasi Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter Terhadap Pengelolaan Pembelajaran SD. Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 5(2), 203–219.

Widagda, Rachmawati Kusuma., Safitri, Ririn., Purwaningsih, Dian., Zunfradoh, Siti., Kanugrahan, Herbayu Ragil., Permatasari, Okadita., Maulida, Annisa., Santoso, Budi., Ihsanuddin, Catur., Alfian, Novianda., Handayani, Wahyu Tri. 2020. Cerdas Akm + US SD/M I. Boyolali : PT. Warna Mukti Grafika.

Downloads

Published

2021-08-31

How to Cite

Rahman, N. D. F. ., & Toharudin, M. . (2021). Pelatihan Pengetikan 5 Jari pada Microsoft Word untuk Persiapan AKM Siswa kelas 5 MI Darussalam Karanganyar Pagerbarang Tegal. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(01), 97–105. https://doi.org/10.46772/jamu.v1i02.553

Issue

Section

Articles