Penguatan Karakter Kewirausahan Digital Generasi Milenial Untuk Mempromosikan Produk Kuliner Khas Tegal

Authors

  • Mohamad Miftah Universitas Bhamada Slawi

DOI:

https://doi.org/10.46772/jecma.v6i2.1187

Keywords:

entrepeneurship, bussiness digital, local wisdom

Abstract

Digitalisasi berkembang pesat, mudah diterapkan diberbagai bidang sehingga banyak bidang mengadopsi teknologi ini. Salah satu fenomena yang sedang menjadi tren yaitu penerapan digitalisasi pada industri kecil seperti usaha kuliner berbasis kedaerahan atau kulener khas daerah yang sudah berdiri secara turun-temurun berganti generasi. Hal ini memberikan peluang bagi generasi milenial untuk lebih masif dalam mempromosikan produk kuliner lokal melalui digitalisasi. Berdasarkan fenomena tersebut, peneliti memandang diperlukan sebuah penelitian terhadap generasi milenial selaku generasi penerus akan keberlangsungan usaha kuliner khas tegal melalui penguatan jiwa wirausaha berbasis digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman generasi milenial dalam melakukan wirausaha berbasis digital dalam mempromosikan kuliner khas tegal. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-eksperiment dengan bentuk one-shot case study dengan populasi siswa SMA Negeri 3 Slawi sejumlah 30 siswa. Hasil penelitian menujukkan bahwa penguatan karakter kewirausahaan digital generasi milenial dapat dilakukan melalui pemberian pelatihan kepada siswa SMA. Hal ini ditunjukkan secara kuantitatif bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata sebelum dilakukan pelatihan dan setelah dilakukan pelatihan kewirausahaan digital.

Downloads

Published

2023-08-31

How to Cite

Miftah, M. (2023). Penguatan Karakter Kewirausahan Digital Generasi Milenial Untuk Mempromosikan Produk Kuliner Khas Tegal . Journal of Economic and Management (JECMA), 5(2), 161–169. https://doi.org/10.46772/jecma.v6i2.1187

Issue

Section

Articles