KANDUNGAN VITAMIN C PADA BROKOLI (BRASSICA OLERACEA L.) TERHADAP PENGARUH SUHU DAN LAMA PENYIMPANAN DENGAN METODE HIGH PERFORMANCE LIQUID CHROMATOGRAPHY (HPLC)

Authors

  • Yusi Jayanti Program Studi S1 Farmasi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Slamet Program Studi S1 Farmasi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Wirasti Program Studi S1 Farmasi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Ahmad Vandian Nur Program Studi S1 Farmasi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.46772/jophus.v3i02.522

Keywords:

Brokoli, HPLC, Lama penyimpanan, Suhu, Vitamin C

Abstract

Suhu dan lama penyimpanan adalah faktor utama dalam penurunan kadar vitamin C. Vitamin C merupakan vitamin yang larut dalam air dan tidak stabil selama pemrosesan dan penyimpanan. Tujuan penelitian ini mengetahui kandungan Vitamin C yang disimpan pada suhu dan lama penyimpanan yang berbeda. Metode yang digunakan dalam penelitianini adalah penelitian eksperimental kuantitatif menggunakan alat High Performance Liquid Chromatography (HPLC) dengan fase gerak metanol dan aquabidestilata (60:40), panjang gelombang maksimum dalam penelitian ini 265 nm.Proses sampel pada suhu kamar dan suhu dingin dengan waktu penyimpanan (1, 3, dan 5 hari). Data yang diperoleh berupa nilai AUC (Area Under Curve) yang dimasukan ke dalam persamaan regresi linier. Hasil penelitian menunjukan adanya penurunan kandungan Vitamin C pada suhu dan lama penyimpanan, rata-rata kandungan vitamin C pada suhu kulkas sebesar 5,262 mg/100 gram. Sementara suhu kamar, rata-rata kandungan vitamin C sebesar 3,341 mg/100 gram. Kesimpulannya, menunjukan adanya pengaruh suhu dan lama penyimpanan terhadap kandungan Vitamin C dalam brokoli.

References

Cahyani, Dwi, “Perbandingan Kandungan Vitamin C pada brokoli (Brassica Oleraceae) dengan perlakuan perebusan dan pengukusan”, KTI, Universitas Setia Budi, 2014, [Online]

Gafari, Zaenul., Kriswiyanti, Enik Astarini I,A, “Kemampuan adaptasi pengaruh pupuk dan kandungan gizi berbagai kultivar brokoli (Brassica oleracea L.Var. Italic) introduksi di kopang lombok tengah” Jurnal metamorfosa., Vol.2 No.2. Halaman 73. 2015. [online].

Patty, Agnes A., Papilaya, P.M., Tuapattinaya, P.M.J, “Pengaruh Suhu dan Lama Penyimpanan Terhadap Kandungan Vitamin A dan Vitamin C Buah Gandaria (Bouea macrophylla Griff) Serta Implikasinya pada Pembelajaran Biologi,” .Jurnal Biopendix., Volume 3 No.1, 2016. [online].

Putri, Mardiana Prasetyani., Setiawati, Yunita Herwidiani, “Analisis Kadar vitamin C pada buah nanas segar(Ananas Comosus) dan buah nanas kaleng dengan metode Spektrofotometri UV-Vis,” Jurnal Wiyata., Volume 2 No.1. 2015. [online].

Jubahar, Junuarty., Astuti, Yuliana., Suharti, Netty, “Penetapan Kadar vitamin C dari buah Cabe Rawit (Capsicum Frutescens L.) dengan metode Kromatografi Cair Kinerja Tinggi (KCKT)” Jurnal Farmasi Higea., Volume 7. No.2, 2015, [Online]

Dewi, Asiska P, “Penetapan kadar vitamin C dengan spektrofotometri UV-Vis pada berbagai variasi buah tomat,” Jurnal JOPS., Volume II no.1, 2018, [Online]

Aina, mia., Suprayogi, D, ”Uji Kualitatif Vitamin C Pada Berbagai Makanan Dan Pengaruhnya Terhadap Pemanasan,” Jurnal Sains Dan Matematika, 2011. [online].

Harmita, “Analisis Fisikokima Kromatografi”, volume 2, 2015, Jakarta: Kedokteran EGC

El-Ishaq, A. & Obirinakem, S, “Effect of Temperature and Storage on Vitamin C Content in Fruits Juice”.International Journal of Chemical and Biomolecular Science.2015. [online].

Baloch, M. K, “Effect of Harvesting and Storage conditions on The Post Harvest Quality and Shelf Life of Mango (Mangifera indica L.)Fruit.South”, African Journal of Botany.Department of Chemistry, 2012, [online].

Published

2022-02-28

How to Cite

Jayanti, Y., Slamet, S., Wirasti, W., & Nur, A. V. (2022). KANDUNGAN VITAMIN C PADA BROKOLI (BRASSICA OLERACEA L.) TERHADAP PENGARUH SUHU DAN LAMA PENYIMPANAN DENGAN METODE HIGH PERFORMANCE LIQUID CHROMATOGRAPHY (HPLC). Jurnal Ilmiah JOPHUS : Journal Of Pharmacy UMUS, 3(02), 95–103. https://doi.org/10.46772/jophus.v3i02.522

Issue

Section

Articles