Model Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matakuliah Konsep Dasar IPA SD

Authors

  • Fembriani Fembriani Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana

DOI:

https://doi.org/10.46772/kontekstual.v1i02.154

Keywords:

Model jigsaw, aktivitas mahasiswa, hasil belajar

Abstract

Aktivitas mahasiswa dan hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah konsep dasar IPA di kampus PGSD Universitas Nusa Cendana perlu ditingkatkan. Mata kuliah konsep dasar IPA menjadi dasar seorang mahasiswa untuk mengajarkan materi IPA di sekolah dasar. Mahasiswa sebagai calon guru SD dapat mengajarkan IPA dengan baik apabila ketika kuliah mereka menguasai materi konsep dasar IPA. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian tindakan kelas untuk memperbaiki kualitas pembelajaran di kelas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas mahasiswa dan hasil belajar mahasiswa PGSD dalam mata kuliah konsep dasar IPA SD. Hasil penelitian menjelaskan bahwa aktivitas mahasiswa  PGSD dalam matakuliah Konsep Dasar IPA menggunakan model Jigsaw meningkat yaitu siklus I  rata-rata 70,88% dengan kriteria baik, siklus II rata- rata 87,5%  dengan kriteria baik.  Hasil belajar mahasiswa PGSD Undana dalam matakuliah Konsep dasar  IPA menggunakan model Jigsaw meningkat. Hal ini dapat dilihat pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 71 dengan ketuntasan belajar 75%, dan  pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 82,5 dengan ketuntasan belajar 92,5%. Dapat disimpulkan bahwa model jigsaw dapat meningkatkan aktivitas mahasiswa dan hasil belajar mahasiswa PGSD Universitas Nusa Cendana

Downloads

Published

2022-02-28

How to Cite

Fembriani, F. (2022). Model Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matakuliah Konsep Dasar IPA SD. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 1(02), 66–73. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v1i02.154

Issue

Section

Articles