Pengembangan Bahan Ajar Modul Berbasis CTL Sebagai Bagian Dari Pengembangan SSP

Authors

  • Sari Yustiana Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sultan Agung Semarang
  • Rida Fironika Kusumadewi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sultan Agung Semarang

DOI:

https://doi.org/10.46772/kontekstual.v1i02.155

Keywords:

Bahan Ajar, Modul, CTL

Abstract

Kebutuhan pendidik akan adanya Subject Specific Pedagogy (SSP) yang inovatif dan sistematis menjadi dasar pengembangan produk. Salah satu bagian dari SSP adalah bahan ajar dalam bentuk modul pada mata kuliah Konsep Dasar PKn SD. Sebagai bahan ajar yang inovatif, modul yang dikembangkan berbasis CTL. Dimana materi yang dirancang dekat dengan peserta didik, nyata, dan bermakna. Motode penelitian menggunakan research and development (RnD) dengan desain Four D meliputi Define, Design, Develop, Desseminate. Instrumen penelitian berupa lembar validasi produk, serta angket respon peserta didik. Validasi oleh ahli menggunakan rumus Aiken’V dengan hasil 0,70 kriteria “Valid”. Pada tahap uji coba terbatas diberikan angket respon peserta didik dengan skor 28 dari maksimal skor 35 sehingga pada kategori “Baik”. Tahap Uji Coba Lebih Luas juga diberikan angket respon peserta didik dengan hasil skor 34 dari skor maksimal 35 sehingga berkategori “Sangat Baik”, sehingga produk dapat dikatakan layak. Setelah direvisi dan didapatkan produk final, kemudian disebarluaskan dengan memberikan kepada peserta didik

Downloads

Published

2020-02-27

How to Cite

Yustiana, S., & Fironika Kusumadewi, R. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Modul Berbasis CTL Sebagai Bagian Dari Pengembangan SSP. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 1(02), 1–6. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v1i02.155

Issue

Section

Articles