Implementasi Media Pembelajaran Vlog Materi Dakwah Pada Mahasiswa Berdasarkan Aspek Keterampilan Berbahasa

Authors

  • Dedi Romli Triputra Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhadi Setiabudi
  • Prasetyo Yuli Kurniawan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Unversitas Muhadi Setiabudi Brebes

DOI:

https://doi.org/10.46772/kontekstual.v1i01.54

Keywords:

eksperimen, media pembelajaran, media vlog, keterampilan berbahasa

Abstract

Media pembelajaran pada era revolusi industri 4.0 dituntut untuk berorientasi pada IT. Dosen harus menyadari bahwa penggunaan media pada era sekarang mempengaruhi pencapaian pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan yaitu media vlog. Media vlog dipilih karena dapat menjadikan mahasiswa lebih aktif dan kreatif dalam penggunaannya. Terlebih dalam materi dakwah, mahasiswa mampu memanfaatkan sebuah handphone dimanapun berada sesuai dengan topik yang akan dibicarakan atau realitas yang ada. Sehingga dalam materi dakwah sangat tepat digunakan media vlog sebagai media pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk memaparkan hasil pembelajaran menggunakan media vlog pada materi dakwah serta menguji keefektifan media vlog dalam materi dakwah berdasarkan aspek keterampilan berbahasa. Metode yang digunakan yaitu metode ekseprimen dengan desain postest only control group design. Hasil penelitian ini yaitu bahwa nilai rata-rata mahasiswa dalam materi dakwah dilhat dari aspek keterampilan berbahasa yaitu mendapatkan nilai 83. Sedangkan pada kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 78. Kemudian berdasarkan uji T bahwa media vlog dinyatakan efektif digunakan dalam materi dakwah. Oleh karena itu, media vlog sangat penting digunakan khususnya dalam materi dakwah karena sudah terbukti efektif.

Downloads

Published

2019-08-28

How to Cite

Romli Triputra , D. ., & Yuli Kurniawan, P. (2019). Implementasi Media Pembelajaran Vlog Materi Dakwah Pada Mahasiswa Berdasarkan Aspek Keterampilan Berbahasa. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 1(01), 18–25. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v1i01.54

Issue

Section

Articles