Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.46772/kontekstual.v4i01.722Abstract
Pembelajaran tatap muka penuh di sekolah sudah banyak dilaksanakan, salah satu sekolah yang melaksanakan pembelajaran tatap muka yaitu SD Negeri Salebu 03. Pembelajaran tatap muka penuh telah dilaksanakan setelah libur lebaran Idul Fitri 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran setelah pandemi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dilakukan secara langsung dengan melihat proses pembelajaran yang dilakukan. Proses pembelajaran setelah pandemi yang dialami guru SD Negeri Salebu 03 yaitu Siswa kurang fokus saat pembelajaran, Sikap siswa yang kurang sopan, serta Pemanfaatan Whatssapp untuk berkomunikasi dengang orang tua siswa
References
A. Aditia, “Covid-19 : epidemiologi, virologi, penularan, gejala klinis, diagnosa, tatalaksana, faktor risiko dan pencegahan,” J. Penelit. Perawat Prof., vol. 3, no. 4, pp. 653–660, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.globalhealthsciencegroup.com/index.php/JPPP/article/view/574.
N. Sutarna, A. Acesta, N. Cahyati, S. F. Giwangsa, D. Iskandar, and H. Harmawati, “Dampak pembelajaran daring terhadap siswa usia 5-8 tahun,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 6, no. 1, pp. 288–297, 2022, [Online]. Available: https://www.obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/1265.
J. H. Rantung, M. Pinontoan, and J. M. Sumilat, “Pengaruh pembelajaran daring terhadap perkembangan afektif siswa kelas IV sekolah dasar,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 4, no. 2, pp. 2516–2522, 2022, [Online]. Available: https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/2370.
A. Y. Massie and K. R. Nababan, “Dampak pembelajaran daring terhadap pendidikan karakter siswa,” Satya Widya, vol. 37, no. 1, pp. 54–61, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.uksw.edu/satyawidya/article/view/4988.
M. B. Miles;, A. M. Huberman;, and J. Saldana, Qualitative data analysis, 3rd ed. Thousand Oaks, CA: Sage, 2014.
N. Fauziyah, “Dampak covid-19 terhadap efektivitas pembelajaran daring pendidikan Islam,” J. Al-Mau’izhoh, vol. 2, no. 2, pp. 1–11, 2020, [Online]. Available: https://www.jurnal.unma.ac.id/index.php/am/article/view/2294.
Y. Ernawanto and A. Desstya, “Problematika dalam pelaksanaan pembelajaran tematik selama pandemi covid-19 pada siswa SD,” ELSE (Elementary Sch. Educ. Journal), vol. 6, no. 1, pp. 55–75, 2022, [Online]. Available: http://103.114.35.30/index.php/pgsd/article/view/9162.
S. Ahmadi and Syahrani, “Pelaksanaan pembelajaran di stai rakha sebelum, semasa dan sesudah pandemi covid-19,” J. Educ., vol. 2, no. 1, pp. 51–63, 2022, [Online]. Available: https://adisampublisher.org/index.php/adiba/article/view/56.
N. Faturohman and A. Gunawan, “Tantangan lembaga pendidikan dasar dalam penyelenggaraan pendidikan pasca pandemi covid-19 di Kabupaten Serang,” Geneologi PAI J. Pendidik. Agama Islam, vol. 8, no. 2, pp. 433–442, 2021, [Online]. Available: http://www.jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/geneologi/article/view/5438.
Y. Khurriyati, F. Setiawan, and L. B. Mirnawati, “Dampak pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa MI Muhammadiyah 5 Surabaya,” J. Ilm. Pendidik. Dasar, vol. 8, no. 1, p. 91, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/pendas/article/view/11360.
I. Ramadhan, A. Manisah, D. A. Angraini, D. Maulida, S. Sana, and N. Hafiza, “Proses perubahan pembelajaran siswa dari daring ke luring pada saat pandemi covid-19 di madrasah tsanawiyah,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 4, no. 2, pp. 1783–1792, 2022, [Online]. Available: https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/2200.
R. Muskania and Zulela MS, “Realita transformasi digital pendidikan di sekolah dasar selama pandemi covid-19,” J. Pendidik. Dasar Nusant., vol. 6, no. 2, pp. 155–165, 2021, [Online]. Available: https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/15298.
M. Jannah and N. Mauizdati, “Peran guru dalam pembentukan karakter peserta didik sekolah dasar setelah masa pandemi covid-19,” IBTIDA’ Media Komun. Has. Penelit. Guru Madrasah Ibtidaiyah, vol. 03, no. 01, pp. 87–97, 2022, [Online]. Available: http://journal.stitaf.ac.id/index.php/ibtida/article/view/294.
K. Wardani, “Peran Guru Dalam Pendidikan Karakter Menurut Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara,” in Proceedings of The 4th International Conference on Teacher Education; Join Conference UPI & UPSI Bandung, Indonesia, 8-10 November 2010, 2010, no. November, pp. 230–239.
E. Elpana, R. Riswandi, and H. Fitriawan, “Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam penggunaan platform pembelajaran untuk peningkatan mutu blended learning pasca pandemi covid-19,” JEMS J. Edukasi Mat. dan Sains, vol. 10, no. 2, pp. 221–231, 2022, [Online]. Available: http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JEMS/article/view/12131.
A. P. Putra and H. Malini, “Pembelajaran dalam jaringan (daring) saat Dan pasca pandemi covid-19,” J. Intersect., vol. 7, no. 1, pp. 39–47, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/intersections/article/view/1138.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.