FITUR “KUIS” INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA EDUKASI PENGGUNAAN KOSAKATA SESUAI KAMUS BAHASA INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.46772/semantika.v4i02.1003Keywords:
fitur kuis Instagram, kosakataAbstract
Penelitian ini mengkaji tentang pemanfaatan media social fitur kuis insagram stori untuk edukasi pemahamn kosakata bagi mahasiswa. Terdapat beberapa analisis yang dilakukan dalam penelitian ini seperti, menganalisis kesalahan penggunaan atau pemahaman kosakata oleh mahasiswa kesehatan. Tujuan penelitian untuk mengetahui peran media Instagram untuk edukasi penggunaan kosakata serta untuk mengetahui kemampuan kosakata sesuai kaidah bahasa yang dimiliki oleh mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif untuk menganalisis data yang dipaparkan menggunakan kata-kata. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model analisis interaktif. Analisis data berlangsung secara simultan yang dilakukan bersamaan dengan proses pengumpulan data melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kosakata ini penting diangkat menjadi sebuah isu penelitian karena kosakata memiliki banyak pengaruh terhadap aktivitas manusia dalam berbahasa seperti, untuk menulis dan berkomunikasi yang baik dan benar tanpa menimbulkan sifat ambiguitas dalam berbahasa. Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) fitur kuis Instagram sangat bermanfaat untuk dijadikan sarana edukasi mengenai kosakata Bahasa Indonesia yang sesuai dengan kaidah kebahasaan 2) Masih banyak kesalahan kosakata yang dikuasai oleh mahasiswa 3) menjelaskan cara fitur kuis instagram dalam memberikan edukasi kosakata yang baik dan benar. Dari data penelitian yang dihasilkan dapat dijadikan acuan bahwa edukasi mengenai pemggunaan kosakata yang sesuai kaidah bahasa kepada mahasiswa harus terus dilakukan dengan berbagai upaya yang menarik dan inovatif.
References
Resa Desmirasi, Yunisa Octavia, “Pentingnya Bahasa Indonesia di perguruan Tinggi”, Vol, 02, no. 01, pp. 201-206, 2022, [Online]. Available: https://ejournal.baleliterasi.org/index.php/alineafile:///C:/Users/LENOVO/Downloads/172-Article%20Text-336-2-10-20220510%20(2).pdf
Barowi, Siti Faiqotul, “Pentingnya Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi”, Vol.3, no.1. 2015, ]Online]. Available: https://ejournal.unisnu.ac.id/JI/article/view/1338/1346
Tarigan, H.G, “Pengajaran Kosakata, 2011, Bandung, Angkasa.
Munirah, Hardian, “Pengaruh Kemampuan Kosakata dan Struktur Kalimat Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi”, Vol. 16, no. 1, pp 78-87, 2016 [Online]. Avaliable: https://ejournal.upi.edu/index.php/BS_JPBSP/article/view/3064
Zukhruf Ambarsari, “ Penggunaan Instagram Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia pada Era 4.0”, Prosiding Seminar Nasional PBSI-III Tahun 2020, [Online]. Available: http://digilib.unimed.ac.id/41225/1/Fulltext.pdf
Bhramastya Sandy Hargita, “Instagram Sebagai Inovasi Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Blended Leaarning: Kajian Pendahuluan”, Vol. 2, no.1, 2019, [Online].Available:http://conference.unsri.ac.id/index.php/sembadra/article/view/1653
Clara Misverani, “ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN KOSAKATA BAHASA BAKU DALAM MENULIS KARANGAN DESKRIPSI”, 2019, [online]. Available: http://eprints.ums.ac.id/76712/1/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf
Elviza, Yulia, Emidar, dan Noveria, Ena, ”Peningkatan Penguasaan Kosakata melalui Teknik Permainan Teka-Teki Silang”, vol. 1, no.2, 2016. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Mokh. Yahya, Andayani, Kundharu Saddhono, “Hubungan Penguasaan Kosakata Dengan Kesalahan Diksi Dalam Kalimat Bahasa Indonesia Mahasiswa Bipa”, Vol 1. No.2, 2018 [Online]. Available: https://jurnal.umk.ac.id/index.php/kredo/article/download/2121/1219
Arifin, E. Zainal dan S. Amran Tasai, 2010, “Cermat Berbahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi”, Jakarta :Akapress
Miptah Pauji, “Pengaruh Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Berpidato”, Vol.1, No. 2, 2017. Jurnal Diksatrasia.