KELAYAKAN USAHA PELAYANAN JASA ALAT DAN MESIN PERTANIAN (UPJA) BERKAH TANI KABUPATEN BREBES

Authors

  • Ainur Royan Program Studi Agribisnis, FSAINTEK UMUS, Brebes
  • M. Dini Adita 3Program Studi Agribisnis, FSAINTEK UMUS, Brebes
  • Mohammad Amin Program Studi Agribisnis, FSAINTEK UMUS, Brebes

DOI:

https://doi.org/10.46772/agrivasi.v1i1.437

Keywords:

UPJA,, kelayakan finansial,, R/C Ratio.

Abstract

Usaha Pelayanan Jasa Alat dan Mesin Pertanian (UPJA) merupakan lembaga pertanian di tingkat petani perdesaan yang mengusahakan pelayanan jasa alat dan mesin pertanian (Alsintan) untuk memperoleh nilai ekonomis atau keuntungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan usaha UPJA Berkah Tani Desa Luwungbata Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes secara finansial dan mengetahui klasifikasi kelembagaan kelas yang dimiliki UPJA tersebut. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Pemilihan sampel dilakukan secara sengaja (Purposive Sampling), data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Analisis data kuantitatif digunakan untuk mengetahui kelayakan usaha UPJA Berkah Tani secara finansial dengan analisis R/C Ratio, sedangkan analisis data kualitatifnya digunakan untuk mengetahui klasifikasi kelas UPJA Berkah Tani menggunakan metode observasi dan wawancara dengan alat bantu kuesioner dengan jumlah responden 5 orang sebagai pengurus aktif UPJA Berkah Tani. Hasil analisis kelayakan usaha UPJA Berkah Tani layak secara finansial (R/C Ratio >1) dengan nilai R/C ratio 1,5. Pada tujuan penelitian selanjutnya diperoleh hasil analisis klasifikasi kelembagaan kelas UPJA Berkah Tani  adalah “BERKEMBANG”.

References

Ahmad A, 2015, Strategi Pengembangan Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA) di Kabupaten Sinjai, 7 (1).

Ananto EE, 2010, Pengembangan Alat dan Mesin Pertanian Di Daerah Pasang Surut Sumatera Selatan, Prosiding Seminar Nasional Inovasi Alat dan Mesin Pertanian Untuk Agribisnis, Badan Litbang Pertanian Deptan Bekerjasama Dengan Perteta Jakarta, 10-11 Juli. P. 120-141.

Asnawati, Is, 2017, Peranan Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA) Kelas Berkembang Dalam Pengembangan Usahatani Padi Sawah di Kabupaten Tebo, Fakultas Pertanian Universitas Muara Bungo, ISBN : 978-602-73463-1-4.

Badan Pusat Statistik (BPS), 2018, Kecamatan Tanjung Dalam Angka. ISSN/ISSBN : 2621-444x, Kabupaten Brebes.

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP), 2018, Perkembangan Data UPJA dan Ketersediaan Alsintan di Kabupaten Brebes Tahun 2018, Pemerintah Daerah Kabupaten Brebes.

Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian. 2016, Pedoman Inventarisasi dan Optimalisasi Pendayagunaan Alsintan, Jakarta.

Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian, 2019, Pedoman Teknis Pengadaan dan Penyaluran Bantuan Alat dan Mesin Pertanian Direktorat Alat dan Mesin Pertanian, Jakarta.

Emzir, Prof.Dr.M.Pd., 2010, Metodologi Penelitian Kualitatif. Cetakan ke-I, Juni. PT, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Hasanah H., 2016, Teknik-Teknik Observasi. Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Semarang, Vol. 8 No.1.

Permentan No : 25/Permentan/PL.130/5/2008, 2008, Pedoman Penumbuhan dan Pengembangan Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA), KementerianPertanian RI, Jakarta.

Pujihastuti I, 2010, Prinsip Penulisan Kuesioner Penelitian, Jurnal Agribisnis dan Pengembangan Wilayah.Desember, Vol. 2 No. 1.

Purwanto E.A., Ph.D., Sulistyastuti D.R., M.Si., 2017, Metode Penelitian Kuantitatif. Cetakan ke-I.Penerbit Gava Media, Yogyakarta.

Sari D.I., 2018, Analisis Depresiasi Aktiva Tetap Metode Garis Lurus dan Jumlah Angka Tahun PT Adira Dinamika, AMIK BSI Bekasi, Vol. V No. 1.

Shinta A. Ir. MP, 2011, Ilmu Usahatani. Cetakan Pertama, April, Universitas Brawijaya Press (UB Press), Malang.

Sugiyono, 2012, Metode Penelitian Bisnis, Bandung: Alfabeta.

Wijayanto S, Sasongko L.S., Nurjayanti E.D., 2017, Analisis Kelayakan Usaha Pelayanan Jasa Traktor Tangan di Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal. Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Wahid Hasyim Semarang, Vol. 13 No.2 hal. 33-42.

Downloads

Published

2021-06-19

How to Cite

Royan, A. ., Adita, M. D. ., & Amin, M. . (2021). KELAYAKAN USAHA PELAYANAN JASA ALAT DAN MESIN PERTANIAN (UPJA) BERKAH TANI KABUPATEN BREBES. Journal of Agribusiness and Community Development (AGRIVASI) UMUS, 1(1), 11–20. https://doi.org/10.46772/agrivasi.v1i1.437

Issue

Section

Articles