Hubungan Tingkat Kecukupan Energi, Status Gizi, Aktifitas Fisik terhadap Siklus Menstruasi pada Mahasiswi di Universitas Muhadi Setiabudi

Authors

  • Ayu Friska Yuniyanti Program Studi S1Gizi, Fakultas Kesehatan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes
  • Rifatul Masrikhiyah Program Studi S1Gizi, Fakultas Kesehatan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes
  • Diah Ratnasari Program Studi S1Gizi, Fakultas Kesehatan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes

DOI:

https://doi.org/10.46772/jigk.v3i02.646

Keywords:

Tingkat Kecukupan Energi, Status Gizi, Aktifitas Fisik, Siklus Menstruasi

Abstract

Gangguan siklus menstruasi dapat mempengauhi kualitas hidup, aktivitas & bisa mengakibatkan gangguan kesehatan reproduksi misalnya polimenore atau penurunan kesuburan, sedangkan oligomenore yg (anovulasi), infertilisasi & anemia. Perbedaan siklus menstruasi dapat disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu status gizi, asupan makan, umur, aktivitas fisik, riwayat penyakit, merokok, dan stres.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat kecukupan energi, status gizi, dan aktifitas fisik pada siklus menstruasi pada mahasiswi Universitas Muhadi Setiabudi Brebes. Desain penelitian ini adalah cross sectional. 75 responden diambil dalam sampel acak sederhana.. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diisi oleh responden. Analisis data menggunakan uji chi-square untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara tingkat kecukupan energi, status gizi, dan aktifitas fisik terhadap siklus menstruasi pada mahasiswi. Hasil analisis statistik pada variabel tingkat kecukupan energi diperoleh nilai p = 0,001, pada variabel status gizi diperoleh nilai p =0.000, dan pada variabel  aktifitas fisik diperoleh nilai p= 0,035. Hasil analisis statistik ketiga variabel diperoleh nilai p<0,05 yang berarti t terdapat hubungan antara tingkat kecukupan energi, status gizi, aktivitas fisik terhadap siklus menstruasi pada mahasiswi di Universitas Muhadi Setiabudi Brebes.

References

Primadina MA. Pengaruh Lama Siklus Menstruasi Dengan Kadar Glukosa Darah Sewaktu Pada Mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Lampung Angkatan 2013 Di Bandar Lampung Tahun 2014 (Doctoral dissertation, Fakultas Kedokteran).

Sitoayu L, Pertiwi DA, Mulyani EY. Kecukupan Zat Gizi Makro, Status Gizi, Stres, Dan Siklus Menstruasi Pada Remaja. Jurnal Gizi Klinik Indonesia. 2017;13(3):121-8.

Listiana AM, Safitri DE, Kusumaningtyas LN. Hubungan Status Gizi, Asupan Zat Gizi Mikro, Dan Tingkat Stres Dengan Siklus Menstruasi Pada Mahasiswi Gizi Uhamka. Inprosiding Seminar Nasional Berseri 2019 (Pp. 137-149).

Rujiantina AS, Widyastuti N, Probosari E. Konsumsi Fitoestrogen, Persentase Lemak Tubuh Dan Siklus Menstruasi Pada Wanita Vegetarian (Doctoral Dissertation, Diponegoro University).

Wajdi DT. Gambaran Pola Makan, Status Gizi Dan Siklus Menstruasi Siswi Smk Negeri 1 Patumbak Kecamatan Patumbak Tahun 2018.

Riskesdas. Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan Ri. 2010. Available From: Https://Labmandat.Litbang.Kemkes.Go.Id/Riset-Badan-Litbangkes/Menu-Riskesnas/Menu-Riskesdas/148-Rkd-2010

Rachmawati PA, Murbawani EA. Hubungan Asupan Zat Gizi, Aktivitas Fisik, Dan Persentase Lemak Tubuh Dengan Gangguan Siklus Menstruasi Pada Penari (Doctoral Dissertation, Diponegoro University).

Koryaningsih A, Wahyani AD. HUBUNGAN ANTARA ASUPAN ENERGI DAN AKTIVITAS FISIK DENGAN OBESITAS PADA BURUH PEREMPUAN. Jurnal Ilmiah Gizi dan Kesehatan (JIGK). 2019 Aug 29;1(01):11-8.

Haq AB, Murbawani EA. Status Gizi, Asupan Makan Remaja Akhir Yang Berprofesi Sebagai Model (Doctoral Dissertation, Diponegoro University).

Rakhmawati A, Dieny FF. Hubungan Obesitas Dengan Kejadian Gangguan Siklus Menstruasi Pada Wanita Dewasa Muda (Doctoral Dissertation, Diponegoro University).

Purwati Y, Muslikhah A. Gangguan Siklus Menstruasi Akibat Aktivitas Fisik dan Kecemasan. Jurnal Kebidanan dan Keperawatan Aisyiyah. 2020;16(2):217-28.

Depkes RI DR. Panduan Penyelenggaraan pemberian makanan tambahan pemulihan bagi Balita gizi kurang

Kusumawati D, Indanah I, Faridah U, Ardiyati RA. Hubungan Aktivitas Fisik dengan Siklus Menstruasi pada Siswi MA Ma'ahid Kudus. Proceeding of The URECOL. 2021 May 27:924-7.

Downloads

Published

2022-02-28

How to Cite

Yuniyanti, A. F., Masrikhiyah, R., & Ratnasari, D. (2022). Hubungan Tingkat Kecukupan Energi, Status Gizi, Aktifitas Fisik terhadap Siklus Menstruasi pada Mahasiswi di Universitas Muhadi Setiabudi. Jurnal Ilmiah Gizi Kesehatan (JIGK), 3(02), 76–81. https://doi.org/10.46772/jigk.v3i02.646

Issue

Section

Articles