Penerapan Helpdesk System dengan Pengujian Blackbox Testing

Main Article Content

Ni Luh Gede Pivin Suwirmayanti
I Komang Agus Ady Aryanto
I.G.A. Ngurah Wisrama Putra
Ni Kadek Sukerti
Rosalia Hadi

Abstract

PT. Rabik Bangun Pertiwi salah satu perusahaan yang bergerak di bidang Jasa Telekomunikasi yaitu di bidang jasa pelayanan Internet yang sudah berkembang sejak tahun 2002. Saat ini, sistem informasi Helpdesk System yang digunakan oleh PT. Rabik Bangun Pertiwi masih dalam proses pengembangan dan masih ada beberapa penyesuaian sehingga diperlukan kembali uji coba untuk memastikan fungsi-fungsi Helpdesk System dalam hal ini fungsi pencatatan kebutuhan dan permintaan pelanggan, pengaturan penjadwalan dan penugasan staf, serta laporan terstruktur sesuai dengan penanganan yang dilakukan kepada masing-masing pelanggan. Permasalahan yang dihadapi PT. Rabik Bangun Pertiwi ada pada pencatatan informasi keluhan maupun kebutuhan para pelanggan secara manual telah memperlambat kinerja dan efektifitas para karyawan di PT. Rabik Bangun Pertiwi, terutama dalam melakukan update atau analisa dari pencatatan history sebelumnya, sehingga memerlukan waktu yang lebih lama dan mengurangi kualitas respon terhadap keinginan pelanggan. Dengan permasalahan tersebut, PT. Rabik Bangun Pertiwi saat ini menggunakan Helpdesk System yang berfungsi untuk membuat tiket permintaan dari pelanggan maupun calon pelanggan (create ticket), update tiket, pendelegasian tugas (assign ticket), dan penjadwalan petugas (ticket schedule). Dengan menerapkan metode Black Box Testing dalam uji coba fungsi-fungsi dari Helpdesk System. Dari hasil pengujian yang dilakukan hasil yang diperoleh adalah sistem berjalan sesuai dengan tujuan yang diharapkan


 


 

Article Details

How to Cite
Suwirmayanti, N. L. G. P., Aryanto , I. K. A. A. ., Putra, I. N. W., Sukerti, N. K. ., & Hadi, R. . (2020). Penerapan Helpdesk System dengan Pengujian Blackbox Testing. Jurnal Ilmiah Intech : Information Technology Journal of UMUS, 2(02). https://doi.org/10.46772/intech.v2i02.290
Section
Articles
Author Biographies

Ni Luh Gede Pivin Suwirmayanti, Program Studi Sistem Komputer, Fakultas Informatika dan Komputer, Institut Teknologi & Bisnis STIKOM Bali

 

 

I Komang Agus Ady Aryanto , Program Studi Sistem Komputer, Fakultas Informatika dan Komputer, Institut Teknologi & Bisnis STIKOM Bali

 

 

I.G.A. Ngurah Wisrama Putra, Program Studi Sistem Komputer, Fakultas Informatika dan Komputer, Institut Teknologi & Bisnis STIKOM Bali

 

 

Ni Kadek Sukerti, Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Informatika dan Komputer, Institut Teknologi & Bisnis STIKOM Bali

 

 

 

Rosalia Hadi, Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Informatika dan Komputer, Institut Teknologi & Bisnis STIKOM Bali

 

 

References

E. M. Sipayung, C. Fiarni, and E. Aditya, “Perancangan Sistem Informasi Helpdesk Menggunakan Framework ITIL V3,” JNTETI, vol. 6, no. 2, 2017, doi: http://dx.doi.org/10.22146/jnteti.v6i2.308.

W. N. Cholifah, Y. Yulianingsih, and S. M. Sagita, “Pengujian Blackbox Testing Pada Aplikasi Action & Strategi Berbasis Android Dengan Teknologi Phonegap,” J. String, vol. 3, no. 2, pp. 206–210, 2018, doi: http://dx.doi.org/10.30998/string.v3i2.3048.

W. Wibisono and F. Baskoro, “Pengujian Perangkat Lunak Dengan Menggunakan Model Behaviour UML,” Juti, vol. 1, no. 1, pp. 43–50, 2002, doi: ttp://dx.doi.org/10.12962/j24068535.v1i1.a95.

M. S. Mustaqbal, R. F. Firdaus, and H. Rahmadi, “Pengujian Aplikasi Menggunakan Blackbox Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus: Aplikasi Prediksi Kelulusan SNMPTN),” JITTER (Jurnal Ilm. Teknol. Inf. Ter., vol. I, no. 3, pp. 31–36, 2015, doi: https://doi.org/10.33197/jitter.vol1.iss3.2015.62.

H. Hendri, J. W. Hasiholan Manurung, R. A. Ferian, W. F. Hanaatmoko, and Y. Yulianti, “Pengujian Black Box pada Aplikasi Sistem Informasi Pengelolaan Masjid Menggunakan Teknik Equivalence Partitions,” J. Teknol. Sist. Inf. dan Apl., vol. 3, no. 2, p. 107, 2020, doi: 10.32493/jtsi.v3i2.4694.

N. Safitri and R. Pramudita, “Pengujian Black Box Menggunakan Metode Cause Effect Relationship Testing,” Inf. Syst. Educ. Prof., vol. 3, no. 1, pp. 101 – 110, 2018.

D. I. Permatasari et al., “Pengujian Aplikasi menggunakan metode Load Testing dengan Apache JMeter pada Sistem Informasi Pertanian,” J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 8, no. 1, p. 135, 2020, doi: 10.26418/justin.v8i1.34452.

W. D. Suryono, Saptono, Ristu, and W. Wiranto, “Implementasi Pengembangan Smart Helpdesk di UPT TIK UNS Menggunakan Algoritma Naive Bayes Classifier,” Semin. Nas. Apl. Teknol. Inf., pp. 39–43, 2017.

N. A. Ramdhan and D. Wahyudi, “Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB ) Berbasis WEB Di SMP Negri 1 Wanasari Brebes,” J. Ilm. Intech Informatioan Technol. J. UMUS, vol. 1, no. 1, pp. 56–65, 2019, doi: https://doi.org/10.46772/intech.v1i01.38.

C. Cassandra, “Pengembangan Model Sistem Informasi Aplikasi Helpdesk Online PT. Mustika Memadata,” Comtech, vol. 6, 2AD.

U. N. Sugandi, H. Harliana, and M. Mukidin, “Sistem Pakar Diagnosa Gizi Buruk Balita Dengan Certainty Factor,” J. Ilm. Intech Informatioan Technol. J. UMUS, vol. 1, no. 1, pp. 75–85, 2019, doi: https://doi.org/10.46772/intech.v1i02.71.

N. W. Rahadi and C. Vikasari, “Pengujian Software Aplikasi Perawatan Barang Milik Negara Menggunakan Metode Black Box Testing Equivalence Partitions,” Infotekmesin, vol. 11, no. 1, pp. 57–61, 2020, doi: 10.35970/infotekmesin.v11i1.124.

T. S. Jaya, “Pengujian Aplikasi dengan Metode Blackbox Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus: Kantor Digital Politeknik Negeri Lampung),” J. Inform. Pengemb. IT, vol. 3, no. 2, pp. 45–46, 2018, doi: 10.30591/jpit.v3i1.647.

M. Syah, A. Kesuma, and P. Gumilang, “Pengujian Black Box pada Aplikasi Sistem Penunjang Keputusan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Menggunakan Teknik Equivalence Partitions,” J. Inform. Univ. Pamulang, vol. 4, no. 4, pp. 131–136, 2020.