Pengaruh Profitabilitas dan Struktur Aktiva terhadap Struktur Modal (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur Subsektor Consumer Good di BEI)

Authors

  • Ika Novita Ardelia Prodi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhadi Setiabudi, Brebes
  • Mukson Prodi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhadi Setiabudi, Brebes
  • Muhammad Syaifulloh Prodi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhadi Setiabudi, Brebes
  • Andi Yulianto Universitas Muhadi Setiabudi
  • Indah Dewi Mulyani Universitas Muhadi Setiabudi

DOI:

https://doi.org/10.46772/jacfin.v2i01.601

Keywords:

profitabilitas,, struktur sset, struktur modal.

Abstract

Tujuan riset ini untuk mengembangkan serta menguji kembali penelitian terdahulu yang diduga memiliki pengaruh diantara variabel, mengenai pengaruh profitabilitas dan struktur aktiva pada struktur modal. Riset ini mengambil studi empiris di perusahaan manufaktur sub sektor konsumsi yang terdaftar di BEI periode tahun 2017 hingga 2019. Uji variabel profitabilitas memakai rumus ROA, variabel struktur aset memakai rumus pembagian aset tetap dengan total aset dan variabel struktur modal memakai rumus DER. Riset ini menggunakan penelitian kuantitatif dan data yang diambil berupa laporan finansial tahunan dan metode yang dipakai dalam riset ini adalah metode purposive sampling yang merupakan suatu riset yang mengambil sampel dengan menggunakan poin kriteria, dimana jumlah sampel penelitian ini sebanyak 14 perusahaan. Penelitian ini memakai teknik analisis regresi linier berganda dengan IBM SPSS versi 25.00. Berlandaskan dari riset memperlihatkan bahwa hubungan profitabilitas(X1) pada struktur modal secara output parsial hasilnya negatif dan tidak signifikan, berikut hubungan struktur aktiva(X2) pada struktur modal secara output parsial hasilnya positif yang signifikan. Dan hasil persamaan regresi bahwa struktur aktiva dan profitabilitas secara output simultan hasilnya keduanya memiliki pengaruh signifikan pada struktur modal.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Ardelia, I. N. ., Mukson, M., Syaifulloh, M. ., Yulianto, A., & Mulyani, I. D. (2021). Pengaruh Profitabilitas dan Struktur Aktiva terhadap Struktur Modal (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur Subsektor Consumer Good di BEI). Journal of Accounting and Finance (JACFIN), 3(2), 17–27. https://doi.org/10.46772/jacfin.v2i01.601

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>